Presiden Jokowi Terima Undangan PM Norwegia

Minggu, 28 Oktober 2018 - 23:47 WIB
Presiden Jokowi Terima...
Presiden Jokowi Terima Undangan PM Norwegia
A A A
DENPASAR - Menteri Luar Negeri Norwegia, Ine Eriksen Soreide mengatakn, Presiden Jokowi telah menerima undangan dari Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg. Jokowi diundang untuk menghadiri pertemuan panel tingkat tinggi soal ekonomi kelautan yang berkesinambungan.

"Mereka akan bertemu untuk pertama kalinya dalam Pekan PBB," ujar Ine saat memberikan keterangan pers bersama Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, usai melakukan pertemuan dalam Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) di Bali, Minggu (28/10/2018).

Dalam kesempatan itu, Ine juga mengungkapkan pihaknya akan belajar dari pengalaman Indonesia sebagai tuan rumah Out Ocean Conference (OOC). Norwegia akan menjadi tuan rumah event yang sama pada tahun depan.

"Kami terinsipirasi dan akan belajar dari pengalaman Indonesia menjadi tuanrumah OOC," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Indonesia atas pencalonan Norwegia sebagai anggota DK PBB tahun 2021-2022.

"Itu berarti sekali lagi, kami terinspirasi dan belajar dari Indonesia. Dan, kami tentunya berharap itu akan terjadi ditahun 2021," ucapnya.

Sementara terkit JCBC, Ine mengaku senang karena kedua negara telah mencapai berbagai perkembangan dan juga dalam dialog mengenai HAM.

"Saat ini kita menyelenggarakan dialog mengenai HAM ke-13 dan saya rasa kita akan melakukannya bersama dalam isu mengenai HAM, deforestrasi termasuk kelautan. Serta, sekali lagi bekerjasama lebih dekat dalam berbagai isu di kawasan dan multilateral," tuturnya.

Dikatakan oleh Ine, Indonesia adalah mitra terkuat Norwegia secara internasional. Ia pun berharap hubungan bilateral kedua negara dapat menginspirasi bagi negara lain dalam upaya memperkuat dan memperdalam kerja sama dalam bidang ekonomi, dan dalam bidang apapun berkaitan dengan topik bilateral dan internasional

"Bagi sektor dialog bersama ASEAN, kami menilai itu penting sekali (hubungan dengan ASEAN). Sekali lagi Indonesia merupakan mitra terpenting bagi Norwegia" tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)