Badai Leslie Terjang Portugal

Senin, 15 Oktober 2018 - 08:56 WIB
Badai Leslie Terjang Portugal
Badai Leslie Terjang Portugal
A A A
LISBON - Sebanyak 300.000 rumah tak mendapat aliran listrik setelah badai tropis Leslie menerjang pantai Atlantik Portugal. Badai itu membawa hujan lebat, angin kencang, dan gelombang pasar air laut. Otoritas meminta warga tetap di dalam ruangan dan menjauh dari wilayah pantai. Sebanyak 1.000 pohon roboh hingga mengenai kabel listrik dan menghalangi jalan.

Sebagian besar pohon roboh itu berada di kota-kota pantai utara Lisbon saat badai pertama menerjang daratan. “Jalan utama A1 yang melintasi penjuru Portugal tertutup sementara oleh pohon yang roboh,” kata otoritas Portugal dikutip kantor berita Reuters.

“Lebih dari 300.000 rumah kehilangan aliran listrik saat badai melintas,” ungkap Koman dan Badan Proteksi Sipil Belo Costa. Badai yang membawa angin berkecepatan 100 km per jam itu merupakan paling intensif sepanjang malam. Hingga kemarin pagi, angin kencang dan hujan lebat telah mulai reda.

Di Spanyol, angin berkecepatan hingga 100 km per jam itu merobohkan pohon-pohon pada kemarin pagi. Badan darurat mengeluarkan peringatan banjir untuk wilayah utara dan barat laut. Warga Spanyol diminta menghindari berkenda raan saat terjangan badai.

Awal pekan ini, sebanyak 12 orang tewas akibat banjir di pulau Mallorca, Mediterania. “Saya tidak pernah melihat yang seperti ini. Kota seperti dalam kondisi perang, mobilmo bil tertimpa pohon tumbang. Orang-orang sangat khawatir,” ujar seorang warga kota pada televisi SIC.

Atap lepas di stadium yang menggelar final kompetisi roller hoki perempuan sehingga pertandingan harus dihentikan. Sangat jarang badai Atlantik mencapai Semenanjung Iberia karena hanya ada lima kejadian yang pernah tercatat.

Badai Leslie terbentuk pada 23 September, tapi kekuatannya turun sebelum menerjang daratan. Meski demikian, badai itu tetap membawa kekuatan yang besar. Sementara di Amerika Serikat (AS), pencarian untuk korban hilang akibat Badai Michael kemarin telah berubah menjadi pencarian korban tewas.

“Kita menuju tahap pemulihan,” kata Kepala Pemadam Kebakaran Panama City Alex Baird. “Saat matahari terbit, kita akan mulai lagi pencarian kita. Kami harap kami akan menemukan lebih banyak korban selamat, tapi ini semakin meragukan,” kata Baird.

Presiden AS Donald Trump akan mengunjungi Florida dan Georgia awal pekan ini untuk melihat kerusakan badai. Gedung Putih menyatakan presiden berkomitmen penuh membantu negara bagian dan lembaga lokal saat pemulihan.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)