Temui Mike Pence, JK Sampaikan Komitmen Perkuat Kemitraan AS-RI

Rabu, 26 September 2018 - 18:05 WIB
Temui Mike Pence, JK Sampaikan Komitmen Perkuat Kemitraan AS-RI
Temui Mike Pence, JK Sampaikan Komitmen Perkuat Kemitraan AS-RI
A A A
NEW YORK - Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) dilaporkan telah melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York.

Menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia, dalam pertemuan tersebut JK dan Pence membahas mengenai perkembangan hubungan bilateral kedua negara. Di mana, keduanya menegaskan komitmen untuk memperkuat kemitraan strategis AS-Indonesia.

“Indonesia dan AS sama-sama saling membutuhkan, hubungan bilateral yang saling menguntungkan dapat terus kita kembangkan di segala bidang," kata JK, seperti tertuang dalam siaran pers Kemlu RI yang diterima Sindonews pada Rabu (26/9).

Kemlu, dalam siaran persnya kemudian menuturkan, dalam pertemuan tersebut keduanya juga membahas isu-isu kawasan dan global, seperti perkembangan perdamaian Israel dan Palestina, Laut China Selatan, Semenanjung Korea, dan Indo-Pasifik.

Selain bertemu Pence, JK juga bertemu dengan United Nations Special Advocate for Inclusive Finance for Development, Ratu Belanda Máxima Zorreguieta Cerruti. Dalam pertemun itu, JK mengapresiasi upaya Ratu Máxima untuk mendorong pembangunan berkelanjutan yang inklusif di Indonesia.

JK juga menyampaikan peningkatan perkembangan Indonesia dalam mempercepat pengembangan sistem keuangan yang inklusif, antara lain melalui percepatan proses, optimalisasi platform digital dan memperluas jaringan keuangan inklusif. Salah satu yang berperan besar dalam pembangunan adalah kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

“UMKM sangat penting untuk pencapaian target tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 karena keberadaan nya yang tersebar luas dan merupakan salah satu porsi terbesar dari ekonomi Indonesia," ungkap JK.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5550 seconds (0.1#10.140)