Trump Tegaskan Dukungan pada Calon Ketua Mahkamah Agung AS

Senin, 24 September 2018 - 23:17 WIB
Trump Tegaskan Dukungan...
Trump Tegaskan Dukungan pada Calon Ketua Mahkamah Agung AS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyatakan dukungan terhadap Brett Kavanaugh, yang tidak lain adalah sosok yang diajukan Trump sebagai calon Ketua Mahkamah Agung.

Pernyataan dukungan Trump ini datang ditengah mencuatnya skandal seks yang menimpa Kavanaugh. Di mana, Kavanaugh dituduh pernah melakukan kekerasan seksual. Salah satu dari dua wanita yang jadi korbannya telah memberikan kesaksikan di depan panel Senat pekan lalu.

"Hakim Kavanaugh adalah orang yang luar biasa. Saya akan terus mendukungnya," kata Trump dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (24/9).

Sebelumnya diwartakan, Wanita bernama Deborah Ramirez, 53, menuduh Kavanaugh menyerangnya secara seksual di sebuah pesta ketika mereka berdua adalah mahasiswa di Universitas Yale pada 1980-an.

Wanita lainnya, Christine Blasey Ford, diperkirakan juga akan bersaksi di hadapan Komite Kehakiman Senat beberapa hari ke depan.
Ford, seorang profesor psikologi di Palo Alto University di California, mengatakan Kavanaugh menyerangnya secara seksual pada tahun 1982 ketika keduanya adalah pelajar di sekolah menengah di Maryland.

Ford sebelumnya juga mengungkap skandal itu di hadapan hakim pengadilan banding federal konservatif. Kesaksiannya akan membahayakan konfirmasi Senat untuk pencalonan Kavanaugh sebagai Ketua Mahkamah Agung AS.

Ford, melalui pengacaranya, mengatakan ada masalah prosedural dan logistik yang belum terselesaikan, termasuk apakah senator Republik dari Komite Kehakiman, yang semuanya laki-laki, atau staf jaksa akan menanyainya.

Sementara itu, Kavanaugh menyebut semua tuduhan itu sepenuhnya salah. Dia siap untuk bersaksi pada sidang Senat yang direncanakan pukul 10.00 pagi pada hari Kamis mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0341 seconds (0.1#10.140)