Taliban Umumkan Kematian Pemimpin Jaringan Haqqani

Selasa, 04 September 2018 - 11:18 WIB
Taliban Umumkan Kematian Pemimpin Jaringan Haqqani
Taliban Umumkan Kematian Pemimpin Jaringan Haqqani
A A A
KABUL - Kelompok Taliban Afghanistan mengumumkan kematian pendiri jaringan Haqqani setelah lama menderita sakit. Jaringan Haqqani adalah salah satu kelompok militan paling efektif dan ditakuti yang menjadi salah satu sekutu Taliban.

"Jalaluddin Haqqani meninggal setelah pertempuran panjang dengan penyakitnya," kata Taliban dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari AFP, Selasa (4/9/2018).

Jalaluddin berasal dari kalangan tokoh Jihadi terkemuka di era ini," kata Taliban dalam versi bahasa Inggris dari pernyataannya yang diposting di Twitter.

Jalaluddin Haqqani adalah komandan mujahidin Afghanistan yang memerangi pendudukan Soviet di Afghanistan pada 1980-an dengan bantuan AS dan Pakistan. Ia menjadi terkenal karena organisasi dan keberaniannya, mencuri perhatian dari CIA dan kunjungan pribadi dari anggota kongres AS Charlie Wilson.

Sebagai seseorang yang fasih berbahasa Arab, Jalaluddin juga membina hubungan dekat dengan para jihadis Arab termasuk Osama Bin Laden yang berbondong-bondong ke wilayah itu selama perang. Belakangan, Jalaluddin menjadi menteri di rezim Taliban.

Saat ini, kelompok Haqqani dipimpin oleh putra Jalaludin yang bernama Sirajuddin. Ia juga seorang wakil pemimpin Taliban.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6937 seconds (0.1#10.140)