Jepang: Saatnya Kami Membalas Bantuan Indonesia

Kamis, 16 Agustus 2018 - 23:10 WIB
Jepang: Saatnya Kami Membalas Bantuan Indonesia
Jepang: Saatnya Kami Membalas Bantuan Indonesia
A A A
JAKARTA - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii menyatakan, saat mereka terkena bencana gempa dan tsunami beberapa waktu lalu, Indonesia adalah salah satu negara yang turut mengirimkan bantuan. Oleh karena itu, saat Indonesia terkena bencana, Jepang akan dengan senang membantu.

Ditemui paska menyerahkan bantuan di Kantor Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) di kawasan Gatot Subroto, Ishii menyatakan bahwa Jepang dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik dan saling menguntungkan. Kedua negara, lanjut Ishii saling membantu di saat salah satu mengalami kesulitan.

"Hubungan kami selalu saling menguntungkan. Indonesia juga membantu kami saat Jepang dalam kesulitan akibat bencana. Jepang selalu bersama dengan Indonesia. Kapan pun, kami akan selalu siap membantu," ucap Ishii pada Kamis (16/8).

Sebelumnya, Ishii mendatangi kantor PMI untuk menyalurkan bantuan dari pemerintah dan Palang Merah Jepang. Total bantuan yang diserahkan berjumlah sekitar Rp. 5 miliar.

"Dari pemerintah dan masyarakat Jepang memberikan 30 juta yen, sementara Palang Merah Jepang 10 juta yen. Jadi total semua 40 juta yen atau Rp5 miliar," kata Ishii saat ditemui di Kantor Pusat PMI di kawasan Gatot Subroto.

Dia menyatakan, komunitas bisnis Jepang juga akan melakukan penggalangan dana untuk membantu korban gempa Lombok. Dia menyebut, penggalangan dana tersebut saat ini sudah dimulai.

Selain itu, papar Ishhi, lembaga penanggulangan bencana Jepang yang bergerak di bidang kesehatan yakni JICA juga akan memberikan bantuan ke Lombok.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5157 seconds (0.1#10.140)