Lomba Berhadiah Menginap di Great Wall Dibatalkan

Kamis, 09 Agustus 2018 - 15:09 WIB
Lomba Berhadiah Menginap...
Lomba Berhadiah Menginap di Great Wall Dibatalkan
A A A
BEIJING - Airbnb membatalkan kompetisi yang berhadiah menginap semalam di Great Wall China. Perusahaan itu meminta siapa saja menulis esai 500 kata dengan tema mengatasi batas-batas budaya untuk meraih hadiah pengalaman sekali seumur hidup tersebut. Meski demikian, kompetisi itu memicu beragam komentar dan kekhawatiran hadiah itu dapat merusak bangunan bersejarah tersebut.

Menurut media China, Airbnb, tidak pernah menerima persetujuan dari otoritas lokal untuk menggelar kompetisi itu. ”Kami menghormati masukan itu dan membuat keputusan tidak melanjutkan kompetisi ini,” ungkap pernyataan Airbnb.

Kompetisi itu menawarkan hadiah menginap di salah satu menara pengawas di Great Wall dekat Beijing. Bangunan itu disiapkan dengan tempat tidur yang bagus namun tanpa jendela atau atap. Pemenang kompetisi akan melakukan pendakian singkat, mendapat makan malam dengan beragam menu, dan hiburan tradisional China.

Airbnb menyatakan kompetisi ini untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan di China dan melestarikan warisan Great Wall. Namun, saat tawaran itu muncul di laman Airbnb, media sosial China segera menanggapinya.

Berbagai komentar muncul mulai dari pujian bahwa hadiah itu sangat unik hingga kekhawatiran tentang digigit nyamuk selama berjam-jam. Ada juga netizen mengkhawatirkan bangunan bersejarah itu bisa rusak akibat acara tersebut.

Beberapa netizen lainnya menolak, jika Airbnb memanfaatkan situs bersejarah itu untuk tujuan iklan dan public relations. Menurut media China, komisi budaya di distrik Yanqing, Beijing, yang mengawasi lokasi bersejarah itu tidak mengetahui tentang kompetisi tersebut dan belum memberi persetujuan.

Airbnb menyatakan, meski ada kesepakatan yang menjadi dasar untuk mengumumkan acara ini, kompetisi itu dibatalkan karena masukan tersebut. ”Satu tujuan kami dalam kompetisi Night At The Great Wall adalah menyoroti bagaimana setiap orang bisa memainkan peran dalam menghormati dan menjaga bagian sejarah dunia yang luar biasa ini,” kata pernyataan Airbnb.

Perusahaan itu juga menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan para pakar untuk mendidik orang tentang situs bersejarah dan upaya melestarikannya. Publik yang telah mengikuti kompetisi itu akan dihubungi dengan berbagai cara bahwa mereka dapat mengeksplorasi dan menemukan berbagai pengalaman luar biasa di China.

Night at the Great Wall merupakan langkah terbaru Airbnb menawarkan tempat menginap unik melalui kompetisi. Sebelumnya Airbnb menawarkan menginap di karang di Great Barrier, Australia, mengendarai kapal selam riset dari Blue Planet II, atau menginap di kastil bersejarah yang menjadi sumber legenda Drakula di Rumania.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7481 seconds (0.1#10.140)