Bahrain Dukung Keputusan Saudi Usir Diplomat Kanada

Senin, 06 Agustus 2018 - 17:49 WIB
Bahrain Dukung Keputusan...
Bahrain Dukung Keputusan Saudi Usir Diplomat Kanada
A A A
MANAMA - Bahrain mengatakan bahwa mereka mendukung keputusan Arab Saudi untuk mengusir diplomat Kanada. Bahrain menyatakan, mereka menolak apa yang disebut sebagai campur tangan Ottawa dalam urusan internal Riyadh.

"Bahrain menegaskan, solidaritas penuh dengan Arab Saudi, terhadap siapa pun yang berusaha merusak kedaulatannya," kata Kementerian Luar Negeri Bahrain dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/8).

Seperti diketahui, Saudi mengusir Duta Besar (Dubes) Kanada setelah penangkapan aktivis HAM di Saudi dikritik. Riyadh juga membekukan semua transaksi perdagangan dan investasi baru dengan Kanada.

Kementerian Luar Negeri Saudi menyatakan Dubes Kanada Dennis Horak berstatus persona non-grata dan diberi waktu 24 jam untuk hengkang dari negara Muslim tersebut.

Riyadh juga telah menarik pulang Dubes-nya yang bertugas di Ottawa. Awalnya, pemerintah Kanada menyampaikan keprihatinan atas penangkapan para aktivis perempuan yang menyuarakan HAM di Saudi.

Riyadh menyatakan kritik Kanada tentang penangkapan para aktivis masyarakat sipil negatif dan tidak adil terhadap kebenaran.

Pada hari Jumat, Kanada menyerukan Riyadh untuk segera membebaskan para aktivis masyarakat sipil dan HAM yang baru-baru ini ditangkap oleh pihak berwenang Saudi, termasuk Samar Badawi, seorang aktivis pembela HAM yang diakui secara internasional.

Badawi dan aktivis perempuan Saudi lainnya, Nassima al-Sadah, ditangkap di kerajaan pekan lalu. Penangkapan itu memicu kecaman masyarakat internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9621 seconds (0.1#10.140)