Kunjungi Korut, Menteri PMK Sampaikan Undangan untuk Kim Jong-un

Selasa, 31 Juli 2018 - 15:36 WIB
Kunjungi Korut, Menteri PMK Sampaikan Undangan untuk Kim Jong-un
Kunjungi Korut, Menteri PMK Sampaikan Undangan untuk Kim Jong-un
A A A
PYONGYANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani yang merupakan utusan khusus Presiden Indonesia dilaporkan telah mengadakan kunjungan kehormatan kepada Presiden Presidium Majelis Agung Korea Utara (Korut), Kim Yong Nam di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Indonesia di Pyongyang, yang diterima Sindonews pada Selasa (31/7), kunjungan Puan ke Korut adalah untuk menyampaikan surat undangan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kepada Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un untuk menghadiri acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

Pada pertemuan tersebut Puan menyatakan bahwa Asian Games dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea. Indonesia, lanjut Puan, menyambut baik rencana kedua Korea untuk membentuk tim bersama dalam cabang olahraga di Asian Games 2018, yaitu bola basket putri, kano dan dayung.

Dia juga mengutarakan maksud lain dari kunjungannya ke Korut, yaitu untuk memperkuat hubungan persahabatan RI-Korut, mengingat kedua bangsa memiliki hubungan sejarah yang panjang dan khusus.

Hubungan persahabatan kedua bangsa dibangun oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno dan Presiden pertama Korut, Kim Il Sung. Hubungan tersebut terus dibina dan dikembangkan oleh generasi penerus hingga saat ini.

Pada kesempatan tersebut, Puan juga menyampaikan selamat kepada pemerintah dan rakyat Korut atas peringatan 70 tahun berdirinya negara Korea Utara pada 9 September 2018.

Dalam tanggapannya, Kim Yong Nam menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Jokowi atas undangan tersebut dan akan segera menyampaikannya kepada Kim Jong-un.

Kim Yong Nam secara khusus menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi Jokowi dan rakyat Indonesia dalam mendukung upaya perdamaian di Semenanjung Korea. Pada pertemuan tersebut Puan memberikan kepada Presiden Presidium tiga maskot Asian Games - Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

Korut dan Korea Selatan merupakan dua di antara 45 negara peserta Asian Games 2018. Sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjom, kedua Korea akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga sebagai satu tim Korea dan berbaris bersama di bawah bendera unifikasi pada upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5518 seconds (0.1#10.140)