Kecelakaan Pesawat Tewaskan Menteri Pertanian Paraguay

Jum'at, 27 Juli 2018 - 16:58 WIB
Kecelakaan Pesawat Tewaskan Menteri Pertanian Paraguay
Kecelakaan Pesawat Tewaskan Menteri Pertanian Paraguay
A A A
ASUNCION - Menteri Pertanian Paraguay, wakil menteri dan dua orang lainnya tewas setelah pesawat kecil yang mereka tumpangi jatuh di daerah berawa sebelah selatan Ibu Kota Asuncion. Demikian pernyataan yang dikeluarkan otoritas penerbangan setempat.

Kepala Direktorat Nasional Penerbangan Sipil, Luis Aguirre, mengatakan bahwa sisa-sisa pesawat Beechcraft Baron bermesin ganda ditemukan Kamis pagi di sebuah rawa, enam kilometer dari bandara di kota Ayolas setelah pencarian selama 14 jam.

Kontak dengan pesawat hilang, yang terbang menuju ke Ibu Kota Asuncion, beberapa menit setelah lepas landas pada Rabu pukul 18:20 petang waktu setempat.

“Itu terjadi sangat cepat. Anda dapat melihat di kamera yang hanya dua atau tiga menit berlalu antara lepas landas dan kecelakaan,” kata Aguirre.

Seorang anggota unit pencarian dan penyelamatan, Roque Gonzalez mengatakan bahwa tidak ada yang selamat dalam kecelakaan itu.

Administrator Direktorat Penerbangan Sipil Nasional, Ruben Aguilar, pun mengamini pernyataan Gonzalez. Kepada radio lokal ia mengatakan bahwa empat mayat telah ditemukan oleh tim penyelamat.

"Angkatan udara akan mengangkut mayat ke kamar mayat pengadilan Asuncius, di mana forensik akan bekerja untuk mengidentifikasi mereka," katanya.

Mereka yang menumpangi pesawat itu adalah Menteri Pertanian Luis Gneiting, Wakil Menteri Vicente Ramirez, pegawai sipil Luis Charotti dan pilot Gerardo Lopez.

"Saya harus memberi tahu presiden tentang meninggalnya keempat penumpang pesawat itu," kata kepala Sekretariat Darurat Nasional, Joaquin Roa, seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (27/7/2018).

Sejumlah pejabat mengaku lolos dari kecelakaan maut itu. Gneiting menawarkan dua kursi kosong untuk terbang kembali ke Ibu Kota, tetapi mereka menolak.

“Saya selalu bepergian dengan mereka. Tapi kemarin, saya tinggal untuk mengurus beberapa bisnis di wilayah ini. Menteri telah merencanakan semuanya untuk minggu ini, tetapi Tuhan tidak menginginkannya seperti itu,” kata presiden dari Dinas Nasional untuk Kesehatan dan Kualitas Hewan, Fredis Estigarribia, kepada radio setempat.

Gneiting (50) seorang dokter hewan, telah menjadi gubernur Itapua, salah satu daerah penghasil kedelai di Paraguay. Ia gagal mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan presiden April 2018 di bawah bendera Partido Colorado, partai Konservatif yang sekarang berkuasa.

Senator Javier Zacarias mengumumkan bahwa negara menetapkan tiga hari berkabung nasional mulai Senin, 30 Juli.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3609 seconds (0.1#10.140)