Stefan Quandt, Keluarga Terkaya Penguasa BMW

Selasa, 24 Juli 2018 - 09:04 WIB
Stefan Quandt, Keluarga...
Stefan Quandt, Keluarga Terkaya Penguasa BMW
A A A
Sejak Awal 2018, Stefan Quandt telah menjadi pemegang saham terbesar di BMW. Selain membuatnya semakin kaya, juga menegaskan keluarga Quandt sebagai salah satu keluarga terkaya di dunia. Stefan, 51, bisa tersenyum lega.

Di bawah kendalinya, BMW tidak hanya semakin mendunia, juga mampu menaikkan jumlah kepemilikan saham di perusahaan miliknya yang diwarisi dari sang ibu Johanna Quandt. Sekarang, sahamnya sudah mencapai 25,83 persen dengan nilai USD16,6 miliar. Dengan kepemilikan saham ini, di bawah peraturan usaha Jerman, maka Stefan memiliki hak veto di perusahaan atau hak kontrol hingga 75 persen.

Keluarga Quandt sendiri selama bertahun-tahun mengontrol tidak kurang 46 persen dari perusahaan asal Jerman yang juga memiliki Rolls-Royce dan Mini tersebut. Dengan kepemilikan saham Quandt yang semakin membesar, dia menjadi pemegang keputusan terbesar. Bahkan, mencegah perusahaannya dibeli oleh orang lain jika diperlukan. Dan memang tidak ada rencana bagi keluarga Quandt untuk menjual perusahaan. BMW dan keluarga Quandt seolah tidak terpisahkan.

Simbol Kemewahan

BMW, Rolls Royce, dan Mini, adalah tiga merek yang identik dengan kemewahan. Dan lewat simbol kemewahan itulah, keluarga asal Jerman, Quandt, mampu membawa BMW yang diancam kebangkrutan menjadi salah satu pabrikan mobil paling sukses di dunia. Diawali oleh Harald Quandt yang lahir di Charlottenburg, putra pengusaha Gunther Quandt dan Magdalena Behrend Rietschel yang menikah pada 1921. Harald juga seorang industrialis yang sangat berpengaruh dalam kegiatan politik dan ekonomi Jerman saat itu. Harald tinggal bersama ibu kandungnya.

Setelah bercerai dengan Gunther, Magdalena kemudian menikah dengan Joseph Goebbels yang merupakan sahabat karib dari Adolf Hitler dan sekaligus menjadi bapak tiri bagi Harald Quandt. Goebbels ternyata memiliki karier cemerlang. Ia menjabat sebagai menteri propaganda dan komunikasi perang dari partai Nazi. Bahkan, Harald pun sempat bertugas di Angkatan Udara Nazi.

Disebutkan bahwa keluarga Quandt memiliki kedekatan tidak langsung dengan Nazi Jerman pada masa itu. Harald sendiri memiliki ketertarikan besar di dunia automotif. Ia sempat menciptakan mobil amfibi yang dikenal sebagai Amphicar. Dan keluarga Quandt menjadi salah satu keluarga terkaya di Jerman.

Pada 1950-an keluarga Quandt memiliki lebih dari 200 perusahaan. Termasuk di antaranya saham besar dalam industri automotif Jerman dengan hampir 10% di Daimler- Benz dan 30% di BMW.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)