Putin Sebut Musuh-musuh Trump Ingin Rusak Pertemuan Helsinki

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:49 WIB
Putin Sebut Musuh-musuh Trump Ingin Rusak Pertemuan Helsinki
Putin Sebut Musuh-musuh Trump Ingin Rusak Pertemuan Helsinki
A A A
MOSKOW - MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mencela para kritikus Amerika Serikat (AS) terkait pertemuan puncaknya dengan Presiden Donald Trump. Putin menyebut bahwa pertemuan pertamanya dengan Presiden Donald Trump berjalan sukses

"Pasukan tertentu di AS ingin mengorbankan hubungan AS-Rusia untuk kepentingan sempit partai mereka," katanya pada pertemuan dengan para diplomat Rusia di Moskow.

"Mereka memberi makan jutaan cerita orang-orang mereka," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Kamis (19/7/2018).

Dalam komentarnya, Putin mengatakan pertemuan itu berhasil dan telah menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat.

"Tentu saja, masih harus dilihat bagaimana situasi akan berkembang, terutama mengingat bahwa kekuatan tertentu di Amerika sedang mencoba untuk meremehkan dan merusak hasil pertemuan," ujarnya.

Trump telah menghadapi kritik sengit karena bertentangan dengan badan-badan intelijennya sendiri dengan menolak untuk menyalahkan Rusia untuk ikut campur dalam pemilu 2016.

Ia kemudian mengatakan dia telah salah bicara di pertemuan Helsinki, tetapi tuduhan bahwa ia telah mengambil garis terlalu lunak pada Rusia belum menghilang.

Konsultan khusus AS Robert Mueller saat ini sedang menyelidiki tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016 dan apakah ada kolusi di antara tim kampanye Trump, sesuatu yang ditolak oleh keduanya.

Selama wawancara dengan CBS News pada hari Rabu, Trump mengatakan dia meminta Putin secara pribadi bertanggung jawab atas campur tangan dalam pemilu, dan bahwa Putin sangat kuat pada fakta bahwa Rusia tidak dapat ikut campur.

Pada hari Kamis, Trump menuduh lawan politiknya lebih suka pergi berperang daripada melihat hubungan baik dengan Rusia. Dalam serangkaian tweet, dia mengatakan bahwa dia ingin sekali bertemu dengan Putin lagi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5881 seconds (0.1#10.140)