12 Bocah Gua Thailand Keluar Rumah Sakit Hari Ini

Rabu, 18 Juli 2018 - 13:47 WIB
12 Bocah Gua Thailand Keluar Rumah Sakit Hari Ini
12 Bocah Gua Thailand Keluar Rumah Sakit Hari Ini
A A A
CHIANG RAI - Sebanyak 12 anak dan pelatih sepakbola yang telah diselamatkan dari gua akan keluar rumah sakit hari ini. Mereka akan menggelar konferensi pers untuk memuaskan ketertarikan media pada kisah mereka.

“Kami ingin mengurangi keingintahuan publik,” ungkap juru bicara pemerintah Thailand Sansern Kaewkamnerd pada kantor berita Reuters, kemarin.

Bocah yang berusia antara 11 hingga 16 tahun dan pelatih umur 25 tahun itu telah keluar dengan selamat dari gua Tham Luang pekan lalu. Mereka diselamatkan melalui operasi mendebarkan yang menarik perhatian dunia.

Ke-13 orang itu masih dirawat di rumah sakit di kota Chiang Rai sejak mereka diselamatkan. Otoritas khawatir dengan dampak perhatian besar media pada anak-anak itu hingga mereka menjadi terkenal secara tiba-tiba. Konferensi pers yang akan digelar hari ini pun akan dilakukan secara hati-hati.

Para jurnalis diminta mengajukan pertanyaan sebelumnya untuk dinilai oleh seorang psikolog. Berbagia pertanyaan yang sudah disetujui akan diajukan ke anak-anak itu oleh seorang moderator.

“Kami atur sedemikian rupa sehingga anak-anak itu dapat kembali ke kehidupan rutin mereka,” papar Sansern.

Anak-anak dan pelatihnya berencana menyusuri gua selama sejam setelah latihan sepakbola pada 23 Juni. Namun hujan lebat mengakibatkan banjir di dalam gua dan menjebak mereka.

Dua penyelam asal Inggris menemukan mereka pada 2 Juli di satu ruangan yang juga banjir. Ruangan itu terletak beberapa kilometer dari mulut gua.

Tim penyelamat harus mencari cara untuk mengeluarkan mereka. Beberapa rencana pun disusun, termasuk menunggu hingga musim hujan reda.

Namun kondisi di dalam gua yang kian membahayakan membuat tim penyelamat mengambil keputusan untuk membawa keluar anak-anak itu dengan menyelam. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)