Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Senin, 09 Juli 2018 - 11:50 WIB
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa
A A A
Matematika telah memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan. Ilmuwan matematika pun memiliki tempat penting dalam sejarah peradaban manusia. Berikut 10 tokoh matematika terbesar yang pernah lahir di dunia.

Leonhard Euler
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Hidup tahun 1707-1783, ia dianggap sebagai ahli matematika terhebat yang pernah ada di dunia. Kontribusi utamanya adalah dengan pengenalan notasi matematika termasuk konsep fungsi (dan bagaimana hal itu ditulis sebagai f (x), singkatan fungsi trigonometri, ‘e’ untuk dasar logaritma natural (The Euler Constant), huruf Yunani Sigma untuk penjumlahan dan huruf ‘/ i’ untuk unit imajiner, serta simbol pi untuk rasio dari lingkar lingkaran dengan diameternya.

Carl Friedrich Gauss
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Gauss dijuluki ‘Pangeran Matematika. Dia membuat penemuan besar pertamanya ketika masih remaja, dan menulis Disquisitiones Arithmeticae yang luar biasa, magnum opus-nya, pada saat ia berusia 21 tahun. Setelah lulus pada 1798 (usia 22 tahun), ia mulai membuat beberapa kontribusi penting di bidang matematika, terutama teori nomor. Dia melanjutkan untuk membuktikan teori dasar aljabar, dan memperkenalkan gravitasi konstan Gaussian dalam fisika, serta banyak lagi – semua ini dihasilkan sebelum dia berusia 24 tahun.

G. F. Bernhard Riemann
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Bernhard Riemann, lahir dari keluarga miskin pada 1826, dan kelak menjadi salah satu ahli matematika terkemuka dunia di abad ke-19. Ia memiliki berbagai teori yang melambungkan namanya, yaitu: Riemannian Geometry, Riemannian Surfaces, Riemann Integral. Yang membuatnya terkenal adalah Riemann Hypothesis yang tingkat kesulitannya melegenda, dimana mendeskripsikan sebuah masalah yang sangat kompleks pada masalah distribusi bilangan prima

Euclid
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Tinggal di sekitar 300 SM, ia dianggap sebagai Bapak Geometri dengan karya magnum opus: Elements, salah satu karya terbesar dalam sejarah matematika dan digunakan dalam bidang pendidikan sampai abad ke-20. Sayangnya, sangat sedikit yang diketahui tentang hidupnya, dan apa yang ada saat ini ditulis lama setelah kematiannya. Meskipun demikian, Euclid dikenal sebagai matematikawan dengan teori dan dugaan yang disertai bukti logis serta detail. Kerangka kerja tersebut masih digunakan sampai hari ini.

Rene Descartes
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Ahli matematika, fisika dan seorang filsuf Prancis, Rene Descartes terkenal karena filosofi ‘Cogito Ergo Sum’– nya. Meskipun demikian, warga negara Prancis yang hidup antara 1596-1650 ini membuat terobosan di bidang matematika. Di samping Newton dan Leibniz, Descartes membantu memberikan dasar-dasar kalkulus modern (dikembangkan oleh Newton dan Leibniz), yang dengan sendirinya memiliki pengaruh besar pada kehidupan modern saat ini.

Alan Turing
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Ahli komputer dan kriptanalis Alan Turing dianggap oleh kebanyakan orang sebagai salah salah satu pemikir terbesar abad ke-20. Setelah bekerja dalam Sekolah Kode dan Sandi milik Pemerintah Inggris selama perang dunia kedua, ia membuat penemuan penting dengan menciptakan metode pemecah kode yang akhirnya akan membantu dalam memecahkan kode Enkripsi Enigma milik Jerman. Buah karyanya memengaruhi hasil dari perang, atau setidaknya dalam skala waktu.

Leonardo Pisano Blgollo
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Blgollo dikenal sebagai Leonardo Fibonacci, adalah salah satu ilmuwan matematika terbesar dari abad pertengahan. Hidup dari 1170 hingga 1250, ia paling diingat karena memperkenalkan Seri Fibonacci ke dunia barat. Fibonacci ini juga kemudian memberikan kontribusi besar terhadap pengenalan sistem penomoran Arab. Pada 1202, ia menerbitkan bukuLiber Abaci, dimana angka Arab diperkenalkan dan diterapkan pada banyak situasi dunia dan diadopsi hingga hari ini.

Isaac Newton dan Wilhelm Leibniz
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Keduanya menjadi penemu kalkulus modern dan memberi kontribusi monolitik ke lapangan. Leibniz memperkenalkan notasi standar modern, terutama tanda integral. Ia membuat kontribusi besar untuk bidang topologi. Sedangkan Isaac Newton karena memiliki karya ilmiah besar Principia, menjadi aktor utama yang dipuji oleh sebagian besar orang sebagai penemu sebenarnya dari kalkulus. Terlepas dari itu semua, keduanya memberikan kontribusi sangat besar dan luas di bidang matematika dengan caranya masing-masing.

Andrew Wiles
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Ahli matematika ini terkenal dengan Teori Terakhir Fermat : Bahwa tidak ada bilangan bulat positif, a, b dan c dapat memuaskan persamaan a ^ n + b ^ n = c ^ n Untuk n lebih besar dari 2 (Jika n = 2 itu adalah Formula Pythagoras). Meskipun kontribusinya tidak untuk matematika yang sudah ada selama ini, namun dia ‘menemukan’ sebagian besar matematika baru dalam pembuktian teori tersebut.

Pythagoras
Matematikawan Terbesar Sepanjang Masa

Ahli matematika dari Yunani, Pythagoras, dianggap sebagai salah satu ilmuwan matematika besar pertama. Hidup sekitar 570-495 SM, di masa Yunani modern, yang dicatat oleh Aristoteles sebagai salah satu dari kelompok pertama yang mempelajari secara aktif matematika di tingkat lanjut. Ia juga sering dikaitkan dengan Teori Pythagoras dalam trigonometri.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3182 seconds (0.1#10.140)