Jet Angkatan Udara Rumania Jatuh Saat Atraksi di Udara

Minggu, 08 Juli 2018 - 03:21 WIB
Jet Angkatan Udara Rumania Jatuh Saat Atraksi di Udara
Jet Angkatan Udara Rumania Jatuh Saat Atraksi di Udara
A A A
BUKARES - Sebuah pesawat jet Rumania jatuh saat tengah melakukan atraksi di udara. Pesawat tersebut kemudian meledak di depan ribuan penonton. Gambar dari lokasi kejadian menunjukkan api yang menyala dan asap tebal.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rumania mengatakan pesawat jenis Mikoyan-Gurevich MiG-21 Lancer jatuh sekitar 10km sebelah utara Pangkalan Udara Fetesti di Calarasi County. Kecelakaan itu menewaskan pilot, Letnan-Komandan Florin Rotaru (36) seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (8/7/2018).

Para saksi mengatakan kepada televisi lokal bahwa pilot mungkin memilih untuk jatuh di lapangan terdekat sebagai cara menghindari orang banyak. Menurut Reuters, sekitar 4.000 orang hadir di pertunjukan udara tersebut.

Gambar di media sosial menunjukkan saat-saat setelah kecelakaan, ketika pesawat meledak dan dimakan api. Sebuah video juga menunjukkan asap hitam membumbung tinggi dari tempat kejadian.

Setelah kecelakaan itu, Menteri Pertahanan Rumania Mihai Fifor mengatakan kepada televisi Rumania bahwa pesawat Angkatan Udara Rumania semuanya dalam kondisi yang sempurna, dan terlalu dini untuk berspekulasi tentang penyebab insiden tersebut. Namun, media Cotidanul.ro melaporkan bahwa 24 pesawat MiG telah jatuh sejak 1994. Penyebab kecelakaan itu saat ini sedang diselidiki.

Pesawat Mikoyan-Gurevich MiG-21 Lancer adalah pesawat tempur dan pesawat pencegat supersonik yang dirancang selama era Uni Soviet oleh Biro Desain Mikoyan-Gurevich.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5080 seconds (0.1#10.140)