Halau Serangan Siber, Indonesia Kerja Sama dengan Belanda

Selasa, 03 Juli 2018 - 15:34 WIB
Halau Serangan Siber, Indonesia Kerja Sama dengan Belanda
Halau Serangan Siber, Indonesia Kerja Sama dengan Belanda
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Belanda meneken kesepakatan kerja sama dalam bidang keamanan siber. Kerja sama ini salah satunya untuk bersama-sama menghalau serangan siber.

Kesepakatan diteken Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Indonesia Djoko Setiadi di Gedung Pancasila, Jakarta.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, kerja sama yang diteken oleh Blok dan Djoko akan mencakup banyak hal, termasuk persiapan dan langkah-langkah bersama dalam menghalau serangan siber.

"Indonesia dan Belanda telah menandatangi kesepakatan kerja sama dan keamanan siber. Selain mencakup kerja sama berbagi informasi, bertukar pengalaman, kita juga akan membentuk langkah gabungan untuk mempertahankan diri kita dari serangan siber," kata Retno pada Selasa (3/7/2018).

Menurut Menlu Blok, dengan adanya kerja sama ini maka kedua negara akan meningkatkan hubungan dalam mengatasi masalah keamanan siber. Ini termasuk dialog antara para ahli kedua negara dan upaya untuk membangun infrastuktur yang lebih baik.

"Hari ini, kami menandatangani perjanjian keamanan siber. Meluncurkan dialog bilateral untuk membahas peningkatan kapabilitas, ahli, dan perlindungan infrastruktur siber," ujar Blok.

Menlu Retno dan Blok juga melakukan pertemuan untuk membahas kerja sama bilateral. Keduanya juga membahas sejumlah isu internasional, termasuk krisis Palestina dan kesepakatan nuklir Iran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6484 seconds (0.1#10.140)