Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Selasa, 03 Juli 2018 - 13:10 WIB
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis
A A A
SAINS dan penelitian menjadi satu cara ilmuwan mengubah dunia. Berkat sains, banyak persoalan di kehidupan manusia bisa terpecahkan dan dicarikan solusi. Oleh karenanya, banyak ilmuwan yang mencoba terus berinovasi demi menciptakan era baru. Dalam perkembangannya sebuah eksperimen sains membutuhkan dana tak sedikit. Berikut sejumlah eksperimen ilmu pengetahuan dengan biaya menguras kantong alias super mahal.

1. SPACE SHUTTLE PROGRAM (USD174 miliar)*
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Seperti namanya, eksperimen ini berada di ruang angkasa melalui pesawat ulang-alik yang akan mengarah ke beberapa penemuan baru di luar angkasa. Proyek ini memakan biaya fantastis, yaitu senilai USD174 miliar atau Rp2.410 triliun. (USD 1=Rp 13.852)

2. MAN ON MOON (USD156 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Proyek ini merupakan campuran dari dua proyek. Proyek Gemini, yang membantu kapal angkasa Apollo dengan penerbangan yang tepat, dan Proyek Apollo yang bertujuan menempatkan manusia di bulan. Proyek ini memakan biaya senilai USD156 miliar

3. INTERNATIONAL SPACE STATION (USD100 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Ini merupakan salah satu proyek sejenis di mana 10 negara Eropa, Amerika Serikat (AS), Jepang, Kanada, dan Rusia telah bersatu. Proyek ini dimaksudkan mengalahkan rekor yang dibuat oleh Mirr, sebuah stasiun ruang angkasa buatan Uni Soviet, yang berada di ruang angkasa selama 10 tahun. Proyek International Space Station ini memakan biaya senilai USD100 miliar atau Rp1.385 triliun.

4. MANHATTAN PROJECT (USD30 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Manhattan Project atau Proyek Manhattan adalah proyek riset dan pengembangan pada Perang Dunia II yang bertanggung jawab untuk mengenalkan teknologi nuklir di dunia. Proyek yang dipimpin oleh Amerika Serikat serta dibantu oleh negara Britania Raya dan Kanada ini, juga merupakan proyek pembuatan bom nuklir pertama. Bom-bom yang dihasilkan tersebut, dijatuhkan di Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Proyek ini memakan biaya senilai USD30 miliar atau Rp415,56 triliun

5. INTERNATIONAL FUSION EXPERIMENT (USD12,8 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Percobaan Fusi Internasional dianggap sebagai eksperimen sains paling mahal saat ini. Pembangunan dimulai pada 2006, dan didanai oleh Uni Eropa, Amerika Serikat, China, India, Jepang, Rusia, dan Korea Selatan. Proyek tersebut akan mencapai penyelesaiannya sekitar 2020, dan akan menampilkan eksperimen !sika plasma kurungan terbesar dalam operasi. Percobaan Fusi Internasional dirancang untuk konversi energi dan e!siensi karena berfungsi mengubah dan mempertahankan input 50 megawatt menjadi 500 megawatt daya.

6. LARGE HADRON COLLIDER (USD10 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Pada 2008, pembangunan Large Hadron Collider selesai. Cincin superkonduktor sepanjang 27 kilometer ini dianggap sebagai akselerator partikel paling kuat di dunia. Tidak lama setelah selesai, partikel Higgs boson yang diduga panjang, kadang-kadang disebut sebagai "Partikel Tuhan," ditemukan dan memecahkan beberapa misteri dunia, termasuk teori Big Bang, karena berfungsi sebagai penghubung di lapangan !sika modern.

7. CANCER RESEARCH/PENELITIAN KANKER (USD4,9 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Setiap hari, kanker merenggut nyawa 7,6 juta orang di dunia dan sampai hari ini tidak ada obat ampuh untuk menyembuhkannya. Dokter dan ilmuwan telah bekerja sepanjang waktu untuk menemukan pengobatan semua jenis kanker dan penelitian untuk itu telah menelan banyak biaya. Menurut National Cancer Institute, diperkirakan anggaran USD4,9 miliar dihabiskan setiap tahun untuk penelitian penyakit mematikan ini.

8. CURIOSITY (USD2,5 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Pada Agustus 2012, dunia menyaksikan pendaratan Curiosity di Mars. Sebagai bagian dari program Eksplorasi Mars NASA, misi penjelajah adalah mempelajari geologi dan iklim planet, sambil menyelidiki lingkungan untuk bukti-bukti dukungan kehidupan. Pekerjaan penyelidikan itu juga untuk mencari kelayakan dalam persiapan perjalanan manusia masa depan di planet merah tersebut.

9. SUPERCONDUCTING SUPER COLLIDER (USD2 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Superkonduktor Super Collider dianggap sebagai eksperimen sains paling mahal pada awal 2000-an. Namun, pemerintah Amerika Serikat (AS) akhirnya menutup seluruh proyek karena dianggap menghabiskan banyak biaya tanpa hasil maksimal. Terlebih tujuan eksperimen diketahui mengalami kegagalan di Texas.

10. WATSON (USD900 juta hingga USD1,8 miliar)
Eksperimen Sains dengan Biaya Fantastis

Untuk membantu merevolusionerkan obat modern, IBM telah mengembangkan sistem komputer yang mampu menciptakan kecerdasan buatan yang disebut Watson. Tujuannya adalah meminimalkan margin kesalahan dalam diagnosis dan perawatan, terutama yang terlalu banyak risiko di tangan dokter. Biaya pengembangan teknologi ini belum dikon!rmasi oleh IBM, meskipun CNN memperkirakan menelan USD$ 900 juta - USD1,8 miliar untuk proyek tersebut.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)