Korut-Korsel Sepakat Kembali Gelar Reuni Kelurga Korban Perang

Jum'at, 22 Juni 2018 - 20:40 WIB
Korut-Korsel Sepakat...
Korut-Korsel Sepakat Kembali Gelar Reuni Kelurga Korban Perang
A A A
SEOUL - Dua ratus anggota keluarga yang dipisahkan oleh Perang Korea selama beberapa dekade akan ambil bagian dalam reuni emosional bulan depan. Hal itu dikatakan oleh Korea Selatan (Korsel), sebuah terobosan terbaru dalam pencairan hubungan diplomatik dengan Korea Utara (Korut).

"Keluarga akan bersatu kembali pada 20-26 Agustus di sebuah resor di Gunung Kumgang, atau 'Gunung Berlian,' di Korea Utara," Kementerian Unifikasi Korea mengumumkan setelah pembicaraan seperti dikutip dari NBC News, Jumat (22/6/2018).

Reuni sementara, yang akan menjadi yang pertama dalam tiga tahun, adalah salah satu langkah yang dijanjikan oleh Kim Jong-un setelah pertemuan bersejarah dengan Presiden Donald Trump awal bulan ini dan Presiden Korsel Moon Jae-in pada bulan Mei lalu.

"Setiap negara akan mengirim 100 peserta," kata kementerian itu lagi, yang dipilih dari aplikasi pendaftaran yang jumlahnya cukup besar.

Lebih dari 66.000 anggota keluarga Korsel telah dipisahkan oleh Perang Korea pada 1950-1953. Dua negara Korea sejatinya masih dalam gencatan senjata karena perjanjian perdamaian tidak pernah ditandatangani.

Hubungan diplomatik yang membaik baru-baru ini datang setelah memanas selama 2016 dan 2017 akibat program nuklir dan rudal Korut.

Meskipun reuni Korea disetujui oleh pejabat pemerintah, pengaturan keluarga yang terpisah diatur oleh Palang Merah.

Peristiwa-peristiwa seperti ini sering bersifat emosional - karena sebagian besar dari mereka yang ingin ambil bagian adalah orang-orang yang sudah lanjut usia yang ingin melihat anggota keluarga yang mereka cintai sebelum mereka meninggal.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)