Pekan Depan, Negara Asia Timur Bertemu Bahas Bantuan untuk Palestina

Jum'at, 22 Juni 2018 - 18:20 WIB
Pekan Depan, Negara Asia Timur Bertemu Bahas Bantuan untuk Palestina
Pekan Depan, Negara Asia Timur Bertemu Bahas Bantuan untuk Palestina
A A A
JAKARTA - Direktur Kerjasama Teknik Kementerian Luar Negeri Indonesia, M. Syarif Alatas menyatakan, pekan depan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi akan menghadiri pertemuan Conference among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD). Pertemuan itu akan berlangsung di Bangkok, Thailand.

CEAPAD adalah sebuah organisasi negara-negara Asia Timur yang fokus pada pemberian bantuan teknis dan pembangunan kapastis. Pertemuan di Bangkok adalah pertemuan Tingkat Menteri ketiga, dimana pertemuan pertama berlangsung di Jepang pada tahun 2013 dan pertemuan kedua berlangsung di Indonesia pada 2014.

"Pertemuan itu akan dibuka oleh Perdana Menteri Thailand, dan akan dihadiri 11 Menlu dari Asia Timur dan Tengah. Selain itu akan dihadiri oleh 5 perwakilan hubungan internasional," kata Syarif pada Jumat (22/6).

"Akan ada sejumlah dokumen yang ditandatangani yang akan berisi mengenai meningkatkan bantuan pada Palestina oleh negara Asia Timur, khususnya dalam bantuan teknis. Membuat program-program yang dibutuhkan oleh Palestina dan membuat daftar kemampuan negara anggota CEAPAD," sambungnya.

Dalam pertemuan di Bangkok, lanjut Syarif, Indonesia akan mendorong negara-negara Asia Timur untuk terus memberikan bantuan kepada Palestina dalam bidang peningkatan kapasitas.

Indonesia sendiri, sejauh ini telah mengadakan 160 program peningkatan kapasitas, yang melibatkan sekitar 1.800 warga Palestina. Program ini termasuk pelatihan keuangan, pelatihan kepada polisi dan masih banyak lainnya.

"Ke depan, Indonesia akan terus memberikan dukungan teknis dan pembangunan kapasitas kepada Palestina," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6373 seconds (0.1#10.140)