Resmi, Korsel-AS Hentikan Sementara Latihan Militer Gabungan

Selasa, 19 Juni 2018 - 14:10 WIB
Resmi, Korsel-AS Hentikan Sementara Latihan Militer Gabungan
Resmi, Korsel-AS Hentikan Sementara Latihan Militer Gabungan
A A A
SEOUL - Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) menyatakan, pihaknya dan Amerika Serikat (AS) telah mencapai kesepakatan untuk menghentikan sementara latihan gabungan kedua negara.

Penghentian latihan gabungan yang bernama "Freedom Guardian" adalah arahan langsung dari Presiden AS, Donald Trump. Di mana pemimpin AS itu menyebut latihan gabungan itu dapat menggangu proses pembicaraan dengan Korea Utara (Korut).

"Korsel dan AS telah setuju untuk menunda semua kegiatan perencanaan mengenai latihan militer "Freedom Guardian" yang dijadwalkan digelar pada bulan Agustus," kata Kemhan Korsel, seperti dilansir Reuters pada Selasa (19/6).

Kemhan AS atau Pentagon juga telah mengkonfirmasi penangguhan latihan itu dan menambahkan bahwa akan ada pertemuan antara Menteri Pertahanan AS, James Mattis dan penasihat keamanan nasional AS mengenai masalah ini dalam waktu dekat.

"Konsisten dengan komitmen Presiden Trump dan dalam kesepahaman dengan Korsel, militer AS telah menghentikan semua perencanaan untuk latihan gabungan yang seharusnya digelar Agustus ini," ucap uru bicara Pentagon, Dana White.

"Kami masih mengoordinasikan tindakan tambahan. Tidak ada keputusan yang telah dibuat mengenai latihan gabungan berikutnya sejauh ini ," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3309 seconds (0.1#10.140)