Puluhan Demonstran Palestina Tewas Dalam Aksi Tolak Relokasi Kedubes AS

Senin, 14 Mei 2018 - 20:41 WIB
Puluhan Demonstran Palestina...
Puluhan Demonstran Palestina Tewas Dalam Aksi Tolak Relokasi Kedubes AS
A A A
GAZA - Puluhan warga Palestina dilaporkan tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Israel, saat mereka melakukan protes terhadap relokasi Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) ke Yerusalem.

Tentara Israel dilaporkan mulai menembaki demonstran di Gaza yang berusaha menerobos pagar pembatas untuk menuju kota Yerusalem, untuk melakukan aksi langsung di depan kedubes AS di kota itu. Lebih dari 30 orang demonstran tewas akibat penembakan tersebut.

"Setidaknya 37 demonstran Palestina telah tewas oleh tembakan tentara Israel selama demonstrasi menjelang peresmiaan kedutaan AS di Yerusalem," kata Kementerian Kesehatan Palestina dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Russia Today pada Senin (14/5).

"Puluhan orang lainnya cidera akibat tembakan tentara Israel, dan setidaknya 320 orang lainnya mengalami cidera akibat terkena gas air mata. Pasukan Israel secara langsung menargetkan tim kesehatan dan juga wartawan dalam aksinya," sambungnya.

Sementara itu, menurut militer Israel, setidaknya terdapat 35 ribu demonstran Palestina yang berkumpul di depan pagar perbatasan dan ribuan lainnya menunggu sekitar satu kilometer dari perbatasan Gaza dan Israel. Bentrokan juga dilaporkan terjadi antara demonstran dan Pasukan Pertahanan Israel di kota Bethlehem.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6191 seconds (0.1#10.140)