AS Uji Tembak Rudal Balistik Antarbenua Minuteman III

Kamis, 26 April 2018 - 14:15 WIB
AS Uji Tembak Rudal Balistik Antarbenua Minuteman III
AS Uji Tembak Rudal Balistik Antarbenua Minuteman III
A A A
CALIFORNIA - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah menguji tembak sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III yang diklaim berhasil. Misil yang bisa membawa hulu ledak nuklir ini diuji coba di Vandenberg Air Force Base, California, hari Rabu waktu setempat.

Ini adalah tes pertama sepanjang tahun ini. Uji coba rudal sejenis pernah dilakukan AS pada Agustus tahun lalu.

Peluncuran ICBM Minuteman III ini sejatinya direncanakan untuk Februari 2018, namun entah karena alasan apa pelaksanaannya ditunda.

Misil yang di gudang senjata AS digolongkan sebagai "senjata tahap tiga" ini diuji tembak pada pagi dini hari.

Pejabat Urusan Publik Vandenberg, seperti dikutip AP, Kamis (26/4/2018), menolak untuk menjawab pertanyaan apa pun dari wartawan dan meminta untuk menanyankannya ke perwakilan Global Strike Command atau Komando Serangan Global Angkatan Udara di Louisiana.

Pihak Global Strike Command memang mengawasi langsung sistem senjata yang diluncurkan tersebut.

"Tes peluncuran memberikan data yang berharga untuk Komando Strategis AS dan Angkatan Udara AS," kata Linda Frost, perwakilan Global Strike Command kepada situs Noozhawk.

"Tes peluncuran yang andal terjadi ketika uji coba menyelesaikan jalur penerbangannya dalam koridor keselamatan yang ditentukan, fungsi peralatan benar, data sensor dikumpulkan, dan dampak di mana ditargetkan. Meskipun mencapai target yang dituju, data tes dan analisis tidak bisa dirilis ke publik," ujarnya.

Baik sebelum dan sesudah uji coba ICBM Minuteman III, perwakilan Urusan Publik Komando Vandenberg dan Komando Serangan Global AS bungkam tentang misi tersebut. Militer AS yang biasanya mengumumkan setiap uji coba senjatanya via media sosial, kali ini juga tidak mengumumkannya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7049 seconds (0.1#10.140)
pixels