Jembatan Lintas Batas Negara

Selasa, 24 April 2018 - 10:12 WIB
Jembatan Lintas Batas Negara
Jembatan Lintas Batas Negara
A A A
Jembatan lazim dimanfaatkan untuk menghubungkan daratan melalui sungai, laut, danau, lembah dan sebagainya. Namun diluar hal-hal itu jembatan juga bisa dijadikan media penghubung antar negara atau sebagai penanda batas antar-negara.

Berikut 10 jembatan lintas negara yang menghubungkan wilayah kedua negara atau lebih.

ØRESUND BRIDGE PERBATASAN DENMARK DAN SWEDIA
Kereta api melintasi jembatan ini di Selat Øresund antara Swedia dan Denmark, dan menghubungkan Kopenhagen metropolitan dengan Malmo metropolitan. Total panjang jembatan ini adalah 7.845 meter.

AMBASSADOR BRIDGE - PERBATASAN AMERIKA SERIKAT DAN KANADA
Ada banyak jembatan di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, tetapi Ambassador Bridge, yang menghubungkan Kota Detroit, Michigan dengan Windsor, dan Ontario, merupakan jembatan tersibuk untuk perbatasan internasional di Amerika Utara. Bahkan, lebih dari 25% dari semua perdagangan barang antara negara-negara melewati jembatan ini. Jembatan ini adalah jembatan gantung dengan panjang total 2.300 meter.

JEMBATAN TIGA NEGARA – PERBATASAN PRANCIS DAN JERMAN
Jembatan tiga negara ini terletak dekat tripoint (atau daerah tiga perbatasan) dari Prancis, Jerman dan Swiss, dalam wilayah metropolitan Basel, Swiss. Jembatan ini membentang di Sungai Rhine antara Prancis dan Jerman. Jembatan lengkung indah ini diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda saja. Panjangnya sekitar 248 meter.

RAINBOW BRIDGE - PERBATASAN AMERIKA SERIKAT DAN KANADA
The Rainbow Bridge memiliki panjang 440 meter. Merupakan jembatan lengkung panjang yang diperuntukan untuk kendaraan dan pejalan kaki yang membentang di Sungai Niagara. Jembatan dibuka pada 1941 dan menghubungkan kota-kota di Niagara, New York dan Air Terjun Niagara, Ontario. Jembatan ini menawarkan pemandangan air terjun Niagara. Namanya terinspirasi dari fakta pelangi yang sering terlihat di atas air terjun.

VICTORIA FALLS BRIDGE – PERBATASAN ZIMBABWE DAN ZAMBIA
Victoria Falls Bridge melintasi Sungai Zambezi tidak jauh dari air terjun Victoria. Jembatan ini merupakan jalur penyeberangan kendaraan dan kereta api yang menghubungkan kota-kota Victoria di Zimbabwe dan Livingstone di Zambia. Jembatan ini memiliki panjang 198 meter. Pembangunan jembatan memakan waktu sekitar satu tahun dan dibuka pada 1905.

BOSPHORUS BRIDGE, TURKI - PERBATASAN GEOGRAPHIC ANTARA EROPA DAN ASIA
Kedua sisi pada Bosphorus Bridge sebetulnya masih berada di wilayah Istanbul, Turki. Namun, jembatan meliputi Selat Bosphorus yang merupakan perbatasan antara Eropa dan Asia. Jembatan ini adalah jembatan gantung yang memiliki panjang 1.560 meter.

JEMBATAN TAJIKISTAN AFGHANISTAN – PERBATASAN TAJIKISTAN DAN AFGHANISTAN
Dibuka pada 2007, jembatan ini memiliki panjang 672 meter, membentang sepanjang Sungai Panj dan menghubungkan Tajikistan dengan Afghanistan. Pembangunan jembatan ini dibiayai oleh Amerika Serikat. Selain jembatan ini ada beberapa jembatan lebih kecil lain yang menghubungkan Tajikistan dan Afghanistan, dibangun di sekitar waktu yang sama seperti jembatan ini.

BRIDGE OF NO RETURN – PERBATASAN KOREA SELATAN DAN KOREA UTARA
Terletak di Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) antara Korea Utara dan Korea Selatan. Jembatan itu digunakan untuk pertukaran tawanan pada akhir Perang Korea pada 1953 dan terakhir digunakan untuk tujuan yang sama pada 1968. Kegiatan di jembatan ini dihentikan pada 1976 setelah dua perwira Angkatan Darat Amerika Serikat tewas oleh tentara Korea Utara. Jembatan ini masih dikelilingi oleh banyak pos pemeriksaan di kedua.

NEW EROPA BRIDGE – PERBATASAN BULGARIA DAN RUMANIA
New Eropa Bridge adalah jalan dan rel jembatan yang membentang sepanjang Sungai Danube dan menghubungkan kota-kota Vidin di Bulgaria dan Calafat di Rumania. Dibuka pada 2013, jembatan ini memiliki total panjang 1.971 meter.

ALLENBY BRIDGE (RAJA HUSSEIN BRIDGE) – PERBATASAN ISRAEL DAN YORDANIA
Jembatan Allenby atau jembatan Raja Hussein meliputi Sungai Jordan dan menghubungkan tepi Barat dengan Yordania. Awalnya ada jembatan Ottoman tua di lokasi ini, yang dibangun pada 1885 namun jembatan ini kemudian diganti oleh Inggris pada 1918. Jembatan ini lalu dihancurkan pada 1946 selama Perang Enam Hari 1967. Sebuah jembatan sementara ditetapkan pada 1968 dan setelah perjanjian damai antara Jordania-Israel, jembatan permanen ini dibangun pada akhir 1990-an dan masih ada hingga kini.

Jembatan Terpanjang di Dunia

Danyang – Kunshan Grand Bridge (China)
Panjang jembatan : 164.800 meter Kegunaan : Beijing – Shanghai Rel Kereta Kecepatan Tinggi

Tinjin Grand Bridge (China)
Panjang jembatan :113.700 meter Kegunaan : Beijing – Shanghai Rel Kereta Kecepatan Tinggi

Weinan – Weihe Grand Bridge (China)
Panjang jembatan : 79.732 meter Kegunaan : Jalan raya

Bang Na Expressway (Thailand)
Panjang jembatan :54.000 meter Kegunaan : Jalan Raya

Beijing Grand Bridge (China)
Panjang jembatan : 48.153 meter Kegunaan : Beijing– Shanghai Rel Kereta Kecepatan Tinggi

Lake Pontchartrain Causeway (Amerika Serikat/AS)
Panjang jembatan :38.442 meter Kegunaan :Jalan Raya

Manchac Swamp Bridge (AS)
Panjang Jembatan : 36.710 meter Kegunaan : Jalan Raya

Yangcun Bridge (China)
Panjang Jembatan : 35.812 meter Kegunaan : Beijing–Tianjin Rel Kereta Kecepatan Tinggi

Perbatasan Unik Berbagai Negara

Mongolia - China
Patung dinosaurus super besar ini dapat dilihat jika berkunjung di perbatasan antara China dan Mongolia. Tidak diketahui apa alasan menggunakan patung dinosaurus namun yang pasti membuat orang terpukau ketika melintas di tempat ini.

Russia - AS
Ini adalah sebuah pulau antara Rusia dan Amerika Serikat. Pulau ini hanya berjarak 35 km dari kedua Chukotka dan Alaska. Meski demikian, selisih waktu adalah 21 jam.

Jerman - Belanda
Perbatasan antara Jerman dan Belanda ditandai dengan jalur logam di pusat bisnis Eurode. Meskipun kotak surat berada di kedua sisi perbatasan, surat-surat menghubungi penerima mereka hanya seminggu kemudian.

Nepal - China
Perbatasan antara Nepal dan China melewati Gunung Mount Everest secara langsung.

Belgia - Belanda
Anda bisa masuk sebuah kafe di Belanda dan meninggalkannya di Belgia. Perbatasan kedua negara ini meliputi balok-balok yang ditandai (+). Di sisi kiri adalah Belanda dengan kode ‘N’, sementara kode ‘B’ untuk negara Belgia.

Kanada - AS
Perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat melewati sebuah café bernama Derby Line - melewati bangunan-bangunan.

Brasil - Uruguay
Perbatasan antara negara-negara ini berlangsung di trotoar. Brasil - di sebelah kiri, Uruguay - di sebelah kanan.

Argentina - Brasil-Paraguay
Ketiga negara ini hanya dibatasi oleh sebuah sungai. Di sisi kanan adalah Brasil, sedangkan di tengah negara Paraguay. Dan di sisi kirinya merupakan Argentina

Swedia - Finlandia
Anda bahkan bisa bermain golf di perbatasan Finlandia-Swedia. Perbatasan Swedia dan Finlandia bukanlah tugu atau patung besar, melainkan hanya sebuah lapangan golf. (Hardiansyah)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)