AS Labeli Rusia, China, Iran dan Korut Pelanggar HAM Tercela

Sabtu, 21 April 2018 - 01:04 WIB
AS Labeli Rusia, China, Iran dan Korut Pelanggar HAM Tercela
AS Labeli Rusia, China, Iran dan Korut Pelanggar HAM Tercela
A A A
WASHINGTON - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat melabeli Rusia, China, Iran dan Korea Utara (Korut) sebagai pemerintah yang secara moral tercela sebagai pelanggar hak asasi manusia (HAM).

Keempat pemerintah itu dituding melakukan pelanggaran di perbatasan mereka setiap hari yang memicu ketidakstabilan.

Dapartemen Luar Negeri AS merilis Laporan Negara tentang Hak Asasi Manusia untuk tahun 2017. Pelaksana tugas Menteri Luar Negeri AS John Sullivan mengatakan Strategi Keamanan Nasional AS terbaru mengakui bahwa tata kelola yang korup dan lemah mengancam stabilitas global dan kepentingan AS.

"Beberapa pemerintah tidak dapat menjaga keamanan dan memenuhi kebutuhan dasar rakyat mereka, sementara yang lain tidak bersedia," kata Sullivan.

"Negara-negara yang membatasi kebebasan berekspresi dan berkumpul secara damai; yang memungkinkan dan melakukan kekerasan terhadap anggota kelompok agama, etnis, dan minoritas lainnya; atau yang melemahkan martabat dasar orang-orang secara moral merongrong kepentingan kita," ujarnya.

"Pemerintah China, Rusia, Iran, dan Korea Utara, misalnya, melanggar HAM dari orang-orang di dalam perbatasan mereka setiap hari dan menyebabkan ketidakstabilan sebagai hasilnya," katanya, seperti dikutip Reuters, Sabtu (21/4/2018).

Sullivan mengatakan Amerika Serikat berusaha untuk memimpin negara-negara lain dengan contoh dalam mempromosikan pemerintahan yang adil dan efektif berdasarkan aturan hukum dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

"Amerika Serikat akan terus mendukung orang-orang di seluruh dunia yang berjuang demi martabat dan kebebasan manusia," imbuh dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6428 seconds (0.1#10.140)