Bom 500Kg Sisa PD II Ditemukan di Dekat Kedubes Indonesia di Berlin

Rabu, 18 April 2018 - 23:37 WIB
Bom 500Kg Sisa PD II Ditemukan di Dekat Kedubes Indonesia di Berlin
Bom 500Kg Sisa PD II Ditemukan di Dekat Kedubes Indonesia di Berlin
A A A
BERLIN - Bom sisa Perang Dunia (PD) II yang beratnya sekitar 500 kilogram ditemukan di dekat stasiun kereta api pusat Berlin, Jerman, pada Rabu (18/4/2018). Lokasi temuan bom itu juga berdekatan dengan sejumlah kedutaan besar (kedubes) asing, termasuk kedubes Indonesia dan Uzbekistan.

Evakuasi besar-besaran akan dilakukan pihak berwenang Jerman hingga radius 800 meter dari lokasi temuan bom. Beberapa gedung perkantoran yang akan dievakuasi antara lain kantor Kementerian Ekonomi, museum dan bangunan rumah sakit Charite hingga kantor kedubes Indonesia.

Kepolisian setempat mengatakan, evakuasi akan dilakukan mulai hari Jumat pukul 09.00 waktu setempat hingga bom 500kg tersebut bisa dijinakkan.

Juru bicara polisi Martin Halweg mengatakan belum jelas berapa lama evakuasi akan berlangsung atau apakah bandara Tegel akan terpengaruh dalam proses tersebut.

"Kami memiliki penghapusan pada skala ini sekitar sekali atau dua kali setahun di Berlin," katanya mengacu pada kasus temuan bom sisa perang dunia, seperti dikutip Reuters.

Terkait bom temuan hari ini, polisi menjamin keamanan publik."Aman, tidak ada bahaya yang segera," kata pihak kepolisian setempat di Twitter.

Bom yang dijatuhkan tentara Inggris pada Perang Dunia II tersebut ditemukan di sekitar lokaksi proyek konstruksi di Heidestrasse, distrik Mitte, Berlin.

Lebih dari tujuh dekade setelah berakhirnya Perang Dunia II, Jerman masih menemukan lebih dari 2.000 ton bom dan amunisi aktif setiap tahun.

Tahun lalu sekitar 60.000 orang dievakuasi dari rumah mereka di Frankfurt setelah bom besar yang dijatuhkan oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris ditemukan dalam sebuah pekerjaan konstruksi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7217 seconds (0.1#10.140)
pixels