Kata Amnesty, China Negara yang Paling Banyak Mengeksekusi Orang

Kamis, 12 April 2018 - 15:13 WIB
Kata Amnesty, China...
Kata Amnesty, China Negara yang Paling Banyak Mengeksekusi Orang
A A A
JAKARTA - Amnesty Internasional (AI) Indonesia merilis daftar negara yang paling banyak melakukan eksekusi mati sepanjang tahun 2017. China menduduki peringat pertama, sedangkan Indonesia nihil eksekusi.

Menurut AI Indonesia, lima negara yang paling banyak melakukan eksekusi mati adalah China, Iran, Arab Saudi, Irak dan Pakistan. Data ini berasal dari AI Global.

Sepanjang tahun 2017, kata kelompok HAM tersebut, terdapat 993 eksekusi mati. Namun, angka sebenarnya diyakini lebih tinggi karena menurut Amnesty eksekusi mati di China kerap dirahasiakan.

Sepanjang tahun lalu saja, China dilaporkan mengeksekusi ribuan orang. "Data yang masuk tidak termasuk di China, karena China menganggap masalah eksekusi mati adalah rahasia. Namum dugaan Amnesty ada ribuan eksekusi mati di China," kata pihak AI Indonesia dalam konferensi di kantor mereka di Cikini, Jakarta, pada Kamis (12/4/2018).

Masih menurut AI Indonesia, angka eksekusi mati di Iran pada tahun 2017 mencapai 507 orang. Kemudian disusul oleh Arab Saudi yang mengeksekusi 146 orang. Mayoritas dar mereka yang dieksekusi mati merupakan terpidana kasus kasus narkoba.

Khusus untuk Indonesia pada tahun 2017 tidak menjalankan eksekusi. Catatan dari Indonesia ini, menurut Amnesty merupakan perubahan karena pada tahun 2016 Indonesia mengeksekusi mati empat orang, yang semuanya terkait kasus narkoba.

"Sepanjang 2017 jumlah eksekusi mati di Indonesia adalah nol, namun putusan hukuman mati mencapai 47 putusan," kata pihak AI Indonesia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9628 seconds (0.1#10.140)