Rusia Sebut Serangan Kimia Suriah Pentas Drama White Helmet

Kamis, 12 April 2018 - 05:32 WIB
Rusia Sebut Serangan Kimia Suriah Pentas Drama White Helmet
Rusia Sebut Serangan Kimia Suriah Pentas Drama White Helmet
A A A
MOSKOW - Para pejabat Rusia menuduh para relawan pertahanan sipil Suriah yang dikenal sebagai White Helmet "mementaskan" drama serangan kimia baru-baru ini di kota Douma yang dikuasai pemberontak.

Moskow telah menyalahkan para relawan responsif pertama di daerah yang dikuasai pemberontak atas serangan kimia hari Sabtu, yang menewaskan sebanyak 60 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Rusia, sekutu dekat rezim Suriah, telah menunjuk jari kepada White Helmets sejak insiden serupa seperti serangan kimia tahun lalu di kota Khan Sheikhoun.

Serangan senjata kimia telah menewaskan ratusan orang sejak awal konflik Suriah, dengan PBB menyalahkan empat serangan terhadap rezim Suriah dan lima pada kelompok ISIS.

Sejak serangan terakhir, yang telah membangkitkan momok pembalasan Amerika Serikat (AS), para pejabat Rusia telah berusaha sekali lagi untuk menyalahkan kelompok kemanusiaan.

"Bertindak murni sebagai organisasi teroris, 'White Helmet' sekali lagi membuat pementasan kamera 'serangan kimia' pada warga sipil Douma," kata Letnan Jenderal Viktor Poznikhir pada briefing di Moskow, seperti dikutip dari Al Araby, Kamis (12/4/2018).

Pada hari Selasa, duta besar Rusia untuk Uni Eropa membuat tuduhan yang sama selama wawancara dengan Euronews.

"Kami telah melihat acara lain yang dipentaskan. Ada personel, yang dilatih khusus - dan Anda bisa menebak dengan siapa - di antara apa yang disebut White Helmet, yang sudah tertangkap basah dengan video yang dipentaskan," kata Vladimir Chizov.

Kementerian pertahanan Rusia pada hari Senin merilis sebuah pernyataan, menuduh White Helmets menyebarkan laporan palsu.

The White Helmets memiliki salah satu sumber utama untuk informasi tentang serangan kimia terhadap Douma. Kelompok itu secara tegas menolak tuduhan yang dibuat oleh pejabat Rusia.

Organisasi Kesehatan Dunia PBB telah mengatakan sekitar 500 pasien di Douma mendatangi fasilitas kesehatan dengan "tanda dan gejala konsisten dengan paparan bahan kimia beracun".

Rezim Suriah dan Kremlin sama-sama menyangkal bertanggung jawab atas serangan kimia dan telah mempertanyakan apakah serangan itu benar-benar terjadi, meskipun rekaman dari Douma dengan bukti kuat menunjukkan serangan kimia.

Presiden AS Donald Trump mengkonfirmasi pada Rabu bahwa Washington akan melakukan serangan balasan di Suriah. Trump mengatakan kepada Rusia untuk "bersiap-siap" setelah mereka mengancam akan "menembak jatuh" rudal dan pesawat tempur AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9018 seconds (0.1#10.140)