Soal Kasus Skripal, Jerman Tegaskan Tetap Dukung Inggris

Rabu, 04 April 2018 - 19:15 WIB
Soal Kasus Skripal, Jerman Tegaskan Tetap Dukung Inggris
Soal Kasus Skripal, Jerman Tegaskan Tetap Dukung Inggris
A A A
BERLIN - Pemerintah Jerman menegaskam sikap mereka mengenai kasus serangan pembelot Rusia, Sergei Skripal tidak pernah berubah. Berlin masih tetap mendukung Inggris dalam kasus ini.

Juru bicara pemerintah Jerman, Ulrike Demmer menyatakan, Berlin masih setuju dengan Inggris bahwa Rusia mungkin bertanggung jawab atas keracunan Skripal, meskipun para ilmuwan Inggris tidak bisa membuktikan Rusia sebagai sumber racun Novichok yang digunakan dalam serangan di Salisbury.

"Tidak ada yang berubah. Kami berbagi pandangan yang sama dengan Inggris, bahwa ada kemungkinan besar bahwa Rusia berada di belakangnya," kata Demmer dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters para Rabu (4/4).

Sementara itu, kepala Badan Intelijen Asing Rusia, Sergei Naryshkin menuturkan, serangan racun terhadap Skripal dan putrinya adalah aksi provokasi oleh Amerika Serikat (AS) dan dinas intelijen Inggris.

"Bahkan dalam kasus Skripal, provokasi aneh yang dibuat kasar oleh AS dan dinas keamanan Inggris, beberapa pemerintah Eropa tidak mengikuti London dan Washington secara membabi buta, tetapi malah memilih untuk secara hati-hati memahami apa yang terjadi," kata Naryshkin .

Pernyataan Naryshkin ini seolah membenarkan pernyataan Dubes Rusia untuk Inggris, Alexander Yakovenko. Yakovenko menuding Inggris adalah pelaku serangan racun terhadap Sergei Skripal dan putrinya Yulia. Kecurigaan itu muncul karena keengganan London untuk berbagi informasi mengenai serangan itu. Pasalnya London enggan berbagi informasi mengenai serangan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6478 seconds (0.1#10.140)