Putra Mahkota Saudi: Pemimpin Iran Lebih Buruk dari Hitler

Selasa, 03 April 2018 - 15:12 WIB
Putra Mahkota Saudi:...
Putra Mahkota Saudi: Pemimpin Iran Lebih Buruk dari Hitler
A A A
RIYADH - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman (MbS), kembali menyerang Iran. Menurutnya, pemimpin Iran lebih buruk dari mantan pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler.

Hal itu diungkapkannya dalam wawancara dengan majalah Amerika Serikat (AS) The Atlantic. Dalam kesempatan itu, MbS menggambarkan musuh-musuh kerajaannya sebagai segitiga kejahatan. Ia berbicara tentang Iran, Ikhwanul Muslimin dan kelompok-kelompok teror Sunni seperti Al-Qaeda dan ISIS.

"Saya percaya pemimpin tertinggi Iran membuat Hitler terlihat baik," kata MbS seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (3/4/2018).

“Hitler tidak melakukan apa yang pemimpin tertinggi Iran coba lakukan. Hitler mencoba menaklukkan Eropa. Pemimpin tertinggi Iran sedang mencoba menaklukkan dunia,” imbuhnya.

Teheran dan Riyadh berseberangan dalam kebijakan politik luar negerinya. Dalam krisis Suriah, Iran mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad, sedangkan Saudi mendukung kelompok oposisi atau pemberontak.

Dalam krisis Yaman, Riyadh dan sekutu Teluknya mendukung pemerintah Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi. Sedangkan Teheran cenderung mendukung kelompok pemberontak Houthi.

Sedangkan dalam krisis Lebanon, Arab Saudi menentang keras kelompok Hizbullah dan menganggapnya sebagai organisasi teroris. Sebaliknya, Iran merupakan sekutu utama Hizbullah Lebanon.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0978 seconds (0.1#10.140)