Moskow Dukung Perkembangan Positif di Semenanjung Korea

Jum'at, 30 Maret 2018 - 03:45 WIB
Moskow Dukung Perkembangan Positif di Semenanjung Korea
Moskow Dukung Perkembangan Positif di Semenanjung Korea
A A A
MOSKOW - Rusia menyambut baik kunjungan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, ke China yang baru-baru ini dilakukan. Moskow berharap pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden China, Xi Jinping, akan membantu meredakan ketegangan di Semenanjung Korea.

Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

"Kami memperkirakan kontak antar negara atas dasar kesetaraan dan kepentingan bersama sebagai elemen penting hubungan internasional dan kami percaya bahwa setiap aktivitas di kawasan ini, yang dapat menyebabkan relaksasi ketegangan di Semenanjung Korea, hanya dapat dipuji," kata Zakharova seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (30/3/2018).

Zakharova mengatakan Rusia secara aktif bekerja untuk mengkonsolidasikan kecenderungan positif dalam situasi di dan sekitar Semenanjung Korea.

Lebih jauh Zakharova mengungkapkan bahwa secara khusus Rusia sedang mempertimbangkan untuk menyelenggarakan serangkaian pertemuan di Moskow dengan perwakilan dari negara-negara yang terlibat dalam waktu terdekat.

Atas undangan Presiden China Xi Jinping, Jong-un melakukan kunjungan tidak resmi ke Tiongkok dari hari Minggu hingga Rabu lalu. Ia juga mengadakan pembicaraan dengan Xi Jinping yang baru saja terpilih kembali menjadi Presiden Negeri Tirai Bambu itu.

Saat bertemu dengan Jinping, diktator muda Korut itu mengaku siap melucuti senjata nuklirnya jika Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) punya niat baik untuk kerja sama.

Baca Juga: Kim Jong-un Temui Xi Jinping, Siap Serahkan Senjata Nuklir
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8048 seconds (0.1#10.140)