Miliki 2 Istri, Presiden Duterte Minta Naik Gaji

Minggu, 25 Februari 2018 - 00:55 WIB
Miliki 2 Istri, Presiden Duterte Minta Naik Gaji
Miliki 2 Istri, Presiden Duterte Minta Naik Gaji
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengeluhkan besaran gajinya dengan beban kerja yang berat. Berdalih memiliki dua istri, dia menginginkan kenaikan gaji.

Berbicara di Camp General Adriano Hernandez di Iloilo, Kamis lalu, Duterte mengaku gaji bulanannya hanya P200.000 (Rp52,7 juta). Nominal itu tanpa uang makan dan tunjangan.

Presiden Filipina ini berharap dapat gaji yang sesuai, yakni P1,5 juta (Rp395,6 juta).

”Saya sangat lelah dan tahu berapa banyak yang saya dapatkan? P200. Saya punya dua istri,” kata Duterte.

”Gaji ideal saya, jika saya memperkirakannya, seharusnya saya dapatkan—ini bukan lelucon—satu juta, lima ratus (ribu),”ujarnya.

Gaji Presiden Filipina yang dikenal sebagai “Salary Grade 33” diatur oleh Perintah Eksekutif Nomor 201 yang diteken oleh Presiden Aquino pada tahun 2016.

Perintah Eksekutif itu memodifikasi jadwal gaji untuk pegawai pemerintah sipil dan memberikan manfaat tambahan untuk personel sipil dan militer dan berseragam.

Tahun depan, gaji presiden dijadwalkan naik dalam empat tahap. Namun, kenaikan itu tidak akan seperti yang didambakan Duterte yakni sebesar P1,5 juta sebulan.

Konstitusi Filipina menyatakan bahwa tidak ada kenaikan kompensasi bagi Presiden atau pun Wakil Presiden yang akan berlaku sampai akhir masa jabatan yang telah ditetapkan.

”Ini sangat melelahkan, Anda terus terbang dan memberi hormat,” keluh Duterte yang memancing tawa dari kerumunan orang di kamp tentara, seperti dikutip dari Daily Inquirer, Minggu (25/2/2018).

Duterte berujar, saat meninggalkan rumah dia harus membalas salam atau hormat kepada petugas keamanan di pintu. Dia juga harus memberi hormat kepada orang-orang yang menemuinya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5498 seconds (0.1#10.140)