Spanyol Pecahkan Kode Rahasia Raja Ferdinand Berusia 500 Tahun

Minggu, 04 Februari 2018 - 02:36 WIB
Spanyol Pecahkan Kode Rahasia Raja Ferdinand Berusia 500 Tahun
Spanyol Pecahkan Kode Rahasia Raja Ferdinand Berusia 500 Tahun
A A A
MADRID - Spanyol berhasil memecahkan kode berusia 500 tahun milik Raja Ferdinand. Kode rahasia itu digunakan dalam surat-surat antara salah satu raja Spanyol yang paling terkenal itu dengan seorang komandan militernya.

Surat-surat tersebut, yang dibuat dengan menggunakan lebih dari 200 karakter khusus, telah diuraikan oleh badan intelijen Negeri Matador. Surat-surat Raja Ferdinand dari Aragon telah menggoda para sejarawan selama berabad-abad.

Raja Ferdinand adalah sosok di belakang penaklukan terakhir Spanyol dari bangsa Moor pada tahun 1492 dan perjalanan Colombus ke benua Amerika.

Surat-surat tersebut mencakup instruksi tentang strategi selama kampanye militer di Italia pada awal abad ke-16. Mereka ditulis menggunakan kode rahasia guna mencegah jatuh ke tangan musuh.

Menurut kurator Jesus Anson surat-surat itu, yang dipamerkan di Museum Angkatan Darat Spanyol di Toledo, menggunakan lebih dari 200 simbol. Butuh waktu hampir setengah tahun untuk menguasai empat dari mereka, yang beberapa di antaranya memuat lebih dari 20 halaman seperti dikutip dari BBC, Minggu (4/2/2018).

Pemecahan kode itu telah digambarkan oleh beberapa orang sebagai momen "Rosetta Stone", di tengah harapan bahwa hal itu bisa menyebabkan lebih banyak kode yang dikodekan.

Rincian yang diuraikan dalam surat-surat tersebut berkisar dari instruksi mengenai penyebaran pasukan untuk memperingatkan komandan karena tidak berkonsultasi dengan raja sebelum meluncurkan prakarsa diplomatik.

Pada awal abad ke-16, dibutuhkan waktu 15 hari untuk surat-surat tersebut mencapai kediaman raja ke Italia tenggara tempat komandan berada.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6608 seconds (0.1#10.140)