Polisi Israel Kembali Tembak Mati Warga Palestina

Sabtu, 23 Desember 2017 - 05:33 WIB
Polisi Israel Kembali Tembak Mati Warga Palestina
Polisi Israel Kembali Tembak Mati Warga Palestina
A A A
GAZA - Korban tewas dalam aksi anti Amerika Serikat (AS) bertambah. Polisi Israel kembali menembak mati dua warga Palestina dalam demonstrasi yang intesif terhadap pengakuan Washington atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Ribuan pemrotes Palestina berhadap dengan pasukan keamanan Israel di sepanjang pagar perbatasan Jalur Gaza, di tujuh kota di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur. Banyak dari mereka melemparkan batu ke arah polisi Israel.

Di Betlehem, tempat kelahiran Yesus yang tradisional, asap dari pembakaran ban mengepul di jalan, hanya dua hari sebelum perayaan Natal.

"Tembakan aparat Israel menewaskan dua orang Palestina dalam sebuah konfrontasi di Jalur Gaza selatan," kata seorang juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina, menempatkan jumlah korban luka pada 120, setengah dari mereka ditembak dengan amunisi hidup dan sisanya dipukul oleh peluru karet atau terkena tabung gas air mata.

Dalam sebuah pernyataan, militer Israel mengatakan sekitar 2.000 orang Palestina telah berhadapan dengan pasukan di pagar perbatasan Gaza. Dikatakan orang banyak melemparkan batu dan menggelindingkan ban yang terbakar ke arah tentara, yang menanggapinya dengan langkah-langkah membubarkan kerusuhan dan melepaskan tembakan secara langsung ke penghasut utama.

Pengunjuk rasa meneriakkan "Trump adalah pengecut. Trump itu bodoh". Di antara korban yang terluka adalah seorang pria berpakaian seperti Santa Claus.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan setidaknya satu orang Palestina menderita luka peluru hidup di Tepi Barat dan sekitar 30 pemrotes terkena peluru karet. Pihak militer, yang menempatkan jumlah demonstran di sekitar 1.700 orang dan yang terluka enam orang, mengatakan bahwa tentara menghadapi bom, batu dan ban yang terbakar.

Protes mereda setelah matahari terbenam. Demonstrasi telah dilakukan setiap hari sejak pengumuman Trump. Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dalam sebuah pesan Natal, menyebut langkah pemimpin AS sebuah penghinaan terhadap jutaan orang di seluruh dunia, dan juga ke kota Yerusalem.

"Korban tewas pada hari Jumat di Gaza meningkat menjadi 10 orang Palestina terbunuh oleh tembakan Israel sejak 6 Desember," kata pejabat kesehatan Palestina seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (23/12/2017).

Gerilyawan Gaza juga menembakkan roket ke Israel, dan dua orang bersenjata tewas dalam serangan udara Israel setelah serangan tersebut terjadi. Tidak ada korban jiwa atau luka parah di kubu Israel.

Amnesty International pada hari Jumat meminta pemerintah Israel untuk berhenti menggunakan kekuatan yang berlebihan.

"Fakta bahwa amunisi hidup telah digunakan selama demonstrasi di Gaza dan Tepi Barat sangat mengejutkan," kata lembaga HAM internasional itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4816 seconds (0.1#10.140)