Duterte Ternyata Dukung Pernikahan Sesama Jenis

Senin, 18 Desember 2017 - 07:47 WIB
Duterte Ternyata Dukung Pernikahan Sesama Jenis
Duterte Ternyata Dukung Pernikahan Sesama Jenis
A A A
DAVAO CITY - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan dukungannya untuk pernikahan sesama jenis. Padahal, sebelumnya dia menentangnya.

Perubahan sikap Duterte ini berpotensi ditentang para uskup di negara mayoritas Katolik Roma tersebut. Seperti diketahui, pihak gereja Katolik Roma selama ini tetap menentang pernikahan pasangan berjenis kelamin sama.

Berbicara di sebuah pertemuan orang-orang lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di kota kelahirannya Davao City, Duterte berjanji akan melindungi hak-hak kaum homoseksual. Dia juga akan mengundang mereka untuk menunjuk seorang perwakilannya bekerja di pemerintahannya.

”Saya bilang, saya untuk pernikahan (sesmaa jenis) seks jika itu adalah tren zaman modern,” katanya.

”Jika itu akan menambah kebahagiaan Anda, saya menginginkannya,” ujar Duterte, seperti dikutip Reuters, Senin (18/12/2017).

Duterte sebelumnya menyatakan bahwa dia menentang pernikahan sesama jenis karena pernikahan di Filipina hanya antara pria dan wanita.

Uskup Katolik di Filipina, yang menentang kampanye perang anti-narkotika, telah menyuarakan keprihatinan atas legalisasi pernikahan sesama jenis ketika Kongres di negara itu berupaya melegalkannya sejak awal tahun ini.

”Mengapa memaksakan moralitas yang tidak lagi berjalan dan hampir berlalu,” kata Duterte, mengacu sebuah referensi pengajaran gereja tradisional mengenai masalah pernikahan sesama jenis. ”Jadi, saya bersama Anda,” imbuh dia mendukung komunitas LGBT.

Presiden Filipina ini telah mengangkat isu jender di masa lalu saat menyerang negara-negara Barat yang mengkritik perang melawan narkoba yang dia kobarkan.

Banyak negara, kebanyakan di Eropa Barat dan sebagian di Amerika, telah melegalkan pernikahan sesama jenis. Pekerja seks untuk sesama jenis juga telah diakui.

Beberapa pekan lalu, Australia juga melegalkan pernikahan seperti itu setelah parlemen federal meloloskan rancangan UU Perkawinan Sejenis pada awal bulan ini. Pernikahan pertama untuk pasangan sesama jenis di Australia telah berlangsung hari Sabtu pekan lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4909 seconds (0.1#10.140)