Versi Survei Geologi AS, Kekuatan Gempa Tasikmalaya 6,5 SR

Sabtu, 16 Desember 2017 - 02:51 WIB
Versi Survei Geologi AS, Kekuatan Gempa Tasikmalaya 6,5 SR
Versi Survei Geologi AS, Kekuatan Gempa Tasikmalaya 6,5 SR
A A A
JAKARTA - Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat kekuatan gempa yang mengguncang Tasikmalaya pada Jumat malam mencapai 6,5 skala richter (SR). Sedangkan versi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kekuatan gempa tercatat 6,9 SR.

Perbedaan data juga termasuk pada lokasi kedalaman gempa. Menurut BMKG, pusat gempa berada di 7.75 Lintang Selatan,108.11 Bujur Timur dan kedalaman 107 kilometer. Lokasinya 11 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sedangkan menurut USGS, pusat gempa berada di kedalaman 91 kilometer.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam pernyataan di Twitter mengatakan, gempa menyebabkan sejumlah korban tewas dan kerusakan infrastruktur.

“Beberapa rumah di Kabupaten Ciamis rusak akibat gempa. Ada korban jiwa dan luka. Masyarakat di pesisir mengungsi ke tempat yang lebih tinggi yang aman dari tsunami,” tulis Sutopo melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_BNPB.

Getaran gempa atau tremor terasa kuat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menurut BNPB, beberapa rumah di daerah Tasikmalaya Selatan, Kecamatan Cikalong dan Tibalong, ambruk.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7083 seconds (0.1#10.140)