Selfie Miss Israel dan Irak Picu Kemarahan Publik Arab

Senin, 20 November 2017 - 15:39 WIB
Selfie Miss Israel dan Irak Picu Kemarahan Publik Arab
Selfie Miss Israel dan Irak Picu Kemarahan Publik Arab
A A A
LAS VEGAS - Selfie bersama antara kontestan Miss Universe 2017 asal Israel dan Irak memicu kemarahan publik Arab, meski foto itu untuk mempromosikan perdamaian dunia. Para pengguna media sosial dari Arab menganggap ratu kecantikan Irak tak pantas foto bersama ratu kecantikan dari negara yang menjajah Palestina.

Miss Irak Sarah Idan dan Miss Israel Adar Gandelsman akan bersaing pada 26 November 2017 di Planet Hollywood, Las Vegas.

“Ketahuilah, ini Miss Irak dan dia luar biasa,” tulis Adar Gandelsman,19, di halaman Instagram-nya. Foto itu telah di-like hampir 2.500 orang sejak diunggah hari Selasa pekan lalu.

Miss Irak, Sarah Idan, juga mengunggah foto selfie bersama tersebut di halaman Instagram-nya.”Peace and Love from Miss Iraq and Miss Israel,” tulis Sarah Idan. Foto yang dia unggah telah di-like sekitar 1.700 orang.

Meski foto mereka menyuarakan pesan perdamaian dan cinta, tapi para netizen Arab tak bisa menerima. Israel yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Irak tetap dianggap sebagai negara yang melakukan pendudukan terhadap tanah Arab.

“Foto kedua wanita tersebut bersama-sama mempromosikan perdamaian, tidak sesuai dengan selera setiap orang,” kata YouTuber Arab, Sabrina Bennoui.

Asaad Abukhalil, seorang profesor yang berbasis di Amerika Serikat (AS) melalui Twitter juga mengkritik foto tersebut.”Ratu Kecantikan Irak dengan senang hati berpose dengan Ratu Kecantikan pendudukan dan kebrutalan,” tulis dia.

”Jika Anda adalah seorang Arab yang terhormat, Anda harus membenci Israel selamanya. Palestina adalah kehormatan kami, orang Arab,” bunyi komentar seorang pengguna Instagram yang lain.

“Anda menginginkan perdamaian dengan para musuh, dengan orang-orang yang menyerang tanah dan membunuh anak-anak yang tidak bersalah,” kritik netizen Arab lainnya.

Namun, tidak semua orang tersinggung dengan foto tersebut. Beberapa pejabat, teutama dari Israel justru memujinya.

Juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Inir Gendelman memuji Idan dan Gandelsman yang berbagi sebuah pesan harapan yang besar untuk wilayah Timur Tengah.

“Miss Irak Sarah Idan dan Miss Israel Adar Gandelsman (tidak ada hubungan) bertemu di kontes kecantikan Miss Universe dan menjadi teman. Miss Irak mem-posting foto ini di Instagram-nya. Pesan harapan yang besar untuk wilayah ini. Semoga sukses untuk Sarah maupun Adar,” tulis Gendelman di Twitter, yang dikutip Senin (20/11/2017).

Setelah memicu kemarahan publik Arab, Sarah Idan mengeluarkan sebuah pernyataan permintaan maaf yang disebabkan oleh foto tersebut. Dia mengatakan bahwa tujuan foto itu untuk mempromosikan keinginan bersama dalam mewujudkan perdamaian dunia".

”Miss Israel mendekati saya saat sesi foto. Setelah dengan baik menyapa saya, dia bertanya apakah kami bisa berfoto bersama dan saya setuju karena saya melihatnya sebagai kesempatan untuk mengungkapkan keinginan bersama kami untuk perdamaian dunia. Fotonya dari kami mendapat pujian, sementara saya hanya mendapat komentar negatif,” kata Sarah Idan.

”Foto ini tidak berarti saya memaafkan pemerintah Israel atau kebijakannya. Saya ingin meminta maaf kepada siapapun yang menganggap ini sebagai penghinaan terhadap kepentingan Palestina,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6949 seconds (0.1#10.140)