Menlu Retno Bakal Hadiri Asia-Europe Meeting di Myanmar

Jum'at, 17 November 2017 - 16:04 WIB
Menlu Retno Bakal Hadiri Asia-Europe Meeting di Myanmar
Menlu Retno Bakal Hadiri Asia-Europe Meeting di Myanmar
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pekan depan akan mengunjungi ibukota Myanmar Naypyitaw, setelah sebelumnya menyambangi Rakhine. Retno ke Naypyitaw untuk menghadiri pertemuan Asia-Europe Meeting atau ASEM.

"Tanggal 20 dan 21 November akan ada pertemuan Menteri ASEM di Naypyitaw yang akan membahas langkah ke depan ASEM, terkait kerja sama konektivitas, dan people to people contack. Dalam pertemuan ini juga akan bisa bahas isu lain di bidang politik, dan keamanan," kata Hendra Halim, pejabat Direktorat Kerja Sama Intrakawasan Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Jumat (17/11/2017).

Ia mengatakan pertemuan ini sangat penting karena ini adalah satu-satunya platform pertemuan antara negara Asia dan Eropa pada tingkat tinggi, baik itu tingkat Menlu atau pada tingkat kepala negara.

Hendra kemudian menuturkan sejumlah isu yang akan diangkat Indonesia dalam pertemuan itu. Isu pertama adalah mengenai konektivitas. Dia menyebut Indonesia ingin menyampaikan konsep yang bisa dilaksanakan dalam konteks internasional maupun ASEAN.

"Kerja sama maritim. Cakupan kerja sama ASEM luas, dan sebagai negara maritim kita ingin promosikan poros maritim dan penanggulangan ilegal fishing," ungkapnya.

Lalu, Hendra mengatakan isu mengenai terorisme juga akan diangkat Indonesia dalam pertemuan itu. "Kita mungkin akan mengangkat isu terorisme. Tapi ini kan dialog, jadi mungkin ada isu lain yang akan muncul," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7093 seconds (0.1#10.140)