Mendunia dan Diprotes, Patung Hitler di Museum Jogja Dihilangkan

Sabtu, 11 November 2017 - 16:26 WIB
Mendunia dan Diprotes,...
Mendunia dan Diprotes, Patung Hitler di Museum Jogja Dihilangkan
A A A
YOGYAKARTA - Patung lilin yang menggambarkan diktator Nazi Jerman, Adolf Hitler, dihilangkan dari sebuah museum di Yogyakarta (Jogja) setelah jadi pemberitaan media-media internasional dan diprotes organisasi Yahudi Amerika Serikat (AS).

Patung Hitler yang berdiri dengan latar belakang gambar kamp konsentrasi Auschwitz dijadikan objek selfie para pengunjung Museum De MATA De ARCA.

Manajer operasi museum, Jamie Misbah, pada hari Sabtu (11/11/2017) mengonfirmasi penghapusan patung Hitler tersebut. Keputusan itu diambil setelah pihak museum menerima protes dari organisasi Yahudi terkemuka di AS, Simon Wiesenthal Center.

"Kami tidak ingin memicu kemarahan,” kata Misbah. ”Tujuan kami untuk menampilkan tokoh Hitler di museum adalah untuk mendidik,” katanya lagi, seperti dikutip AFP.

Baca Juga: Bocah-bocah 'Selfie dengan Hitler' di Museum Jogja, Yahudi AS Muak

Patung Hitler adalah satu dari sekitar 80 tokoh, termasuk para pemimpin dunia yang lain dan para selebriti. Patung itu dibuat dengan efek visual dan lilin.

Protes tak hanya datang dari organisasi Yahudi AS, tapi juga dari kelompok HAM, Human Right Watch. Komplain muncul setelah foto selfie bocah-bocah dengan patung hitler beredar secara online.

”Segala sesuatu tentang itu salah. Sulit untuk menemukan kata-kata karena betapa hina hal itu,” kata Rabbi Abraham Cooper, petinggi asosiasi dari Simon Wiesenthal Center, yang mendukung kampanye perlawanan anti-Semitisme dan Holocaust.

”Latar belakangnya menjijikkan. Ini mengolok-olok korban yang masuk dan tidak pernah keluar,” ujar Cooper merujuk pada setidaknya 1,1 juta tahanan yang meninggal di kompleks kamp pembantaian terbesar Nazi di Auschwitz antara tahun 1940-1945.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)