Kanada Gelontorkan Dana Besar Bantu Rohingya

Selasa, 24 Oktober 2017 - 21:01 WIB
Kanada Gelontorkan Dana Besar Bantu Rohingya
Kanada Gelontorkan Dana Besar Bantu Rohingya
A A A
ONTARIO - Perdana Menteri Kanada Justin Justin Trudeau mengatakan pihaknya akan menggelontorkan dana tambahan sebesar USD 9,5 juta untuk membantu etnis Rohingya. Dana tambahan ini akan disalurkan dalam bentuk bantuan kemanusiaan bagi para pangungsi Rohingya.
Dikesempatan yang sama, Trudeau juga mengumumkan bahwa dia telah menunjuk Bob Rae sebagai utusan khusus Kanada untuk Myanmar. Rae adalah politisi senior di Kanada, yang saat ini menjabat sebagai pemimpin sementara Partai Liberal.
"Kanada sangat prihatin dengan krisis kemanusiaan, dan keamanan yang mendesak di negara bagian Rakhine, Myanmar, khususnya penganiayaan terhadap orang-orang Muslim Rohingya," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan.
"Saya yakin bahwa pengalaman Bob Rae yang luas sebagai pengacara, penasihat, juru runding, arbiter, dan pegawai negeri akan membantu Kanada bekerja lebih efektif dengan Myanmar," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (24/10).
Sementarra itu Rae dalam sebuah pernyataan menuturkan dia akan melakukan kunjungan ke Myanmar, dan dia mengatakan tidak akan dapat menghasilan sebuah keajaiban, yang langsung bisa menyelesaikan masalah Rohingya. Rae, beserta timnya dijadwalkan akan bertolak ke Myanmar pada awal pekan depan.
"Saya tidak berpura-pura menjadi seseorang yang bisa melakukan mukjizat. Menurut saya, sangat bermanfaat bagi kita untuk terus menempuh jalur sebanyak mungkin dalam memperkuat pesan mengenai krisis di Myanmar," ungkap Rae.
Kanada sendiri adalah salah satu negara yang rajin memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya. Sebelumnya, Kanada telah menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai USD 10 juta.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7474 seconds (0.1#10.140)