Kapal Selam Nuklir AS Tiba di Pelabuhan Korsel

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 05:06 WIB
Kapal Selam Nuklir AS Tiba di Pelabuhan Korsel
Kapal Selam Nuklir AS Tiba di Pelabuhan Korsel
A A A
SEOUL - Kapal selam USS Michigan, sebuah kapal selam rudal bertenaga nuklir, telah tiba di pelabuhan Busan, Korea Selatan (Korsel). Kedatangan salah satu kapal selam terbesar di dunia ini di tengah meningkatnya ketegangan di semenanjung Korea.

"Kapal selam rudal kelas menengah Ohio USS Michigan (SSGN 727) tiba di Busan, 13 Oktober, untuk kunjungan rutin selama penempatan rutin ke Pasifik Barat," kata Armada Pasifik AS dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (14/10/2017).

Menurut data militer AS, kapal selam kelas Ohio dipersenjatai dengan rudal taktis dan dilengkapi dengan kemampuan komunikasi yang superior. Kapal selam ini dapat meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari platform "siluman".

"Kapal selam ini mampu meluncurkan serangan rudal dan mendukung misi Operasi Khusus (SOF)," kata otoritas militer, menambahkan bahwa USS Michigan adalah salah satu kapal selam terbesar di dunia.

Pangkalan kapal selam tersebut berada di Bremerton, Washington dan dikirim dari Guam, sebuah wilayah kepulauan AS di Pasifik Barat, sekitar 2.800 km dari Busan.

Sebelumnya pada bulan Oktober, media Korsel melaporkan bahwa USS Ronald Reagan AS berada di Laut Cina Selatan dalam perjalanannya ke pantai Korsel dengan hampir 80 pesawat terbang.

AS mengirim kapal perang tersebut ke sekutu mereka untuk latihan militer yang dijadwalkan berlangsung sekitar 20 Oktober mendatang.

Washington dan Seoul dilaporkan akan melakukan pelatihan perang anti-kapal selam, serta latihan gabungan untuk mendeteksi, melacak, dan mencegat rudal balistik.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6266 seconds (0.1#10.140)