Hizbullah: Jet Tempur AS Adalah Pelindung ISIS

Senin, 09 Oktober 2017 - 15:01 WIB
Hizbullah: Jet Tempur AS Adalah Pelindung ISIS
Hizbullah: Jet Tempur AS Adalah Pelindung ISIS
A A A
BEIRUT - Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengatakan, Amerika Serikat (AS) menggunakan Angkatan Udara mereka untuk melindungi ISIS di Suriah dari serangan Angkatan Bersenjata Suriah.
"AS melindungi ISIS di beberapa wilayah Suriah, dan mencegah tentara Suriah untuk mengakhiri keberadaan teroris, dengan menggunakan pesawat terbang mereka," kata Nasrallah, seperti dilansir Sputnik pada Senin (9/10).
Pemimpin Hizbullah tersebut mengatakan bahwa tentara Suriah dan kelompok milisi yang setia terhadap Damaskus harus membersihkan wilayah negara tersebut dari para teroris. Sebab jika tidak, para militan akan melanjutkan serangan mereka.
Menurut Nasrallah, saat ini ISIS hanya menguasai wilayah yang relatif kecil di Suriah, yakni di sekitar perbatasan Suriah dan Irak.
Suriah telah dalam keadaan perang sipil selama lebih dari enam tahun. Koalisi pimpinan AS yang melibatkan lebih dari 70 anggota melakukan serangan udara, tembakan artileri berbasis darat dan roket terhadap basis ISIS di Suriah dan Irak. Operasi koalisi di Suriah tidak dikoordinasikan dengan Damaskus.
Pejabat militer dan diplomat Rusia sebelumnya telah berulang kali mencatat pihak AS, yang menyatakan tujuannya untuk melenyapkan ISIS, dan mengalahkan teroris di Suriah, terbukti melakukan hal sebaliknya.
Kementerian Pertahanan Rusia pekan lalu menerbitkan foto udara yang menunjukkan peralatan pasukan khusus Angkatan Darat AS di utara kota Suriah Deir ez-Zor, yang merupakan basis ISIS. Kementerian tersebut menambahkan, tidak ada tanda-tanda bentrokan di daerah tersebut, dan tentara AS tampak "benar-benar aman" di wilayah yang dikendalikan oleh teroris. Moskow menyatakan harapannya bahwa tindakan koalisi pimpinan AS terhadap ISIS sesuai dengan tujuan mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6911 seconds (0.1#10.140)