Lawatan ke Asia, Trump Bersumpah Bereskan Masalah Korut

Sabtu, 30 September 2017 - 00:54 WIB
Lawatan ke Asia, Trump...
Lawatan ke Asia, Trump Bersumpah Bereskan Masalah Korut
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akan melakukan perjalanan ke lima negara Asia pada bulan November mendatang. Menurut Gedung Putih, Trump akan berpartisipasi dalam sebuah KTT regional.

Trump akan mengunjungi Jepang, China, Korea Selatan (Korsel), Vietnam, Filipina dan negara bagian AS Hawaii dalam perjalanan selama 11 hari.

"Presiden berjanji akan memperkuat tekad internasional untuk menghadapi ancaman Korea Utara," bunyi pernyataan Gedung Putih seperti dikutip dari BBC, Sabtu (30/9/2017).

Korea Utara (Korut) dan AS telah terlibat perang retorika yang panas dalam beberapa bulan terakhir.

Negara Asia yang terisolasi secara ekonomi itu telah melakukan uji coba nuklir keenam pada awal bulan ini meskipun ada kecaman internasional. Rezim komunis itu pun telah berjanji untuk melakukan uji coba lain di Samudra Pasifik.

Dalam sebuah pidato di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Trump mengancam untuk memusnahkan Korut. Trump mengatakan bahwa pemimpin negara tersebut, Kim Jong-un, sedang dalam misi bunuh diri.

Sebagai balasan, Kim Jong-un dalam sebuah pernyataan langka, berjanji untuk "menjinakkan dotard yang gila mental dengan tembakan" merujuk kepada Trump.

Trump akan berusaha untuk mengerahkan negara tetangga - termasuk China - untuk melanjutkan kampanye sanksi ekonomi melawan Korut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)