Diduga Mata-mata, Otoritas China Amankan Warga Jepang

Senin, 18 September 2017 - 15:22 WIB
Diduga Mata-mata, Otoritas China Amankan Warga Jepang
Diduga Mata-mata, Otoritas China Amankan Warga Jepang
A A A
BEIJING - Media China melaporkan, otoritas keamanan China telah menahan seorang warga negara Jepang. Aparat China menangkap pria Jepang yang diketahui bernama Ken Higuchi tersebut karena diduga sebagai mata-mata Tokyo.
Berdasarkan laporan Dalian Daily, seperti dilansir Reuters pada Senin (18/9), penangkapan tersebut dilakukan di sebuah kota Dalian yang berada di provinsi Liaoning, di utara China.
Laporan tersebut mengatakan bahwa Ken Higuchi sedang diselidiki oleh Biro Keamanan Nasional Kota Dalian karena dicurigai melakukan mata-mata terhadap China dan bahwa jaksa telah menyetujui penangkapannya.
Ini bukan pertama kali China menahan warga Jepang karena diduga sebagai mata-mata Tokyo, ataumelakukan kejahatan lainnya. China menahan enam warga Jepang pada bulan Maret karena dicurigai melakukan kegiatan ilegal.
Empat dari enam orang tersebut kembali ke Jepang pada bulan Juli. Tiga di antaranya diketahui ditangkap saat melakukan penelitian geologi mengenai hotsprings di negara tersbeut.
Kementerian luar negeri China juga pada bulan Juli mengatakan bahwa satu warga negara Jepang sedang diselidiki karena dicurigai telah memberikan ancaman kepada keamanan nasional China. Namun, kementerian itu tidak memberikan rincian ancaman yang dimaksud.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7152 seconds (0.1#10.140)