Turki Hapus Teori Evolusi dan Bab tentang Ataturk dari Buku Sekolah

Minggu, 10 September 2017 - 12:57 WIB
Turki Hapus Teori Evolusi dan Bab tentang Ataturk dari Buku Sekolah
Turki Hapus Teori Evolusi dan Bab tentang Ataturk dari Buku Sekolah
A A A
ANKARA - Awal ajaran baru di Turki memicu kontroversi setelah buku teks sekolah menghapus Teori Evolusi. Hal itu dilakukan untuk memberi jalan kepada pendidikan yang lebih religius dan konservatif. Langkah ini pun menuai kritikan dari kalangan sekuler.

Menteri Pendidikan Tukri, Ismet Yilmaz mengumumkan bahwa Teori Evolusi Charles Darwin akan dihapus dari buku sekolah menengah. Yilmaz beralasan itu dilakukan untuk menghindari kebingungan anak-anak karena terlalu sulit untuk belajar.

"Kami telah membersihkan buku-buku sekolah dari mata pelajaran yang berulang-ulang, itu saja, tuduhannya tidak berdasar. Kami telah menyiapkan kurikulum ilmiah dan kontemporer," katanya, menambahkan bahwa perubahan tersebut dilakukan sesuai dengan persepsi publik seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (10/9/2017).

Sementara kepala kurikulum Kementerian Pendidikan, Alparslan Durmus, menolak kritik terhadap bab-bab yang diperdebatkan, dengan alasan bahwa kurikulum baru sesuai dengan undang-undang dasar dan undang-undang pendidikan.

Selain menghilangkan Teori Evolusi, kurikulum baru juga memberikan waktu yang sedikit untuk belajar tentang pendiri sekuler Turki Kemal Ataturk. Sebaliknya, kurikulum yang baru ini memberikan ruang lebih banyak tentang agama, sebuah pengantar tentang konsep umum Jihad (perang suci di dalam Al-Quran).

Orang tua dan akademisi Turki telah menyuarakan keprihatinan tentang perubahan baru ini, karena takut sekolah tidak dapat menyoroti pengetahuan ilmiah ke pikiran anak muda. Revisi kontroversial tersebut juga menetapkan bahwa sekolah harus memiliki ruang ibadah.

"Saya tidak mengerti mengapa belajar lebih banyak tentang Ataturk atau Teori Evolusi sangat merugikan anak-anak kita, sebaliknya sains seharusnya menjadi suar cahaya bagi mereka sepanjang hidup mereka," ujar Leyla, seorang ibu di distrik perumahan Yildiz di Ankara..

"Alih-alih mengajar sholat kepada anak-anak berusia 10 tahun, mereka harus mengajari untuk bersikap sopan kepada orang lain, untuk menyambut mereka dengan 'selamat pagi', ini lebih penting," kata Leyla.

Beberapa serikat guru seperti Egitim-IS sekuler, serikat guru terbesar Turki, telah mencela perubahan tersebut.

"Kami tidak menginginkan kurikulum yang menyangkal Ataturk. Apa yang kami inginkan adalah pendidikan sekuler dan ilmiah di negara kita untuk anak-anak kami," kata ketua Perhimpunan, Mehmet Balik, dengan alasan revisi tersebut bersifat ideologis.

"Bagaimana Anda bisa tidak mengajarkan Teori Evolusi di sekolah? Kami sudah ketinggalan dalam kesuksesan akademis dibandingkan dengan negara-negara Barat, revisi ini hanya akan menarik Turki lebih jauh ke bawah di peringkat global," katanya.

Sekitar 160.000 orang telah menandatangani petisi secara online pada hari Sabtu. Mereka meminta pihak berwenang untuk mengembalikan semua bab Ataturk sebelumnya di buku sekolah.

Partai oposisi utama Partai Republik (CHP) pemimpin Kemal Kilicdaroglu, menyalahkan AKP yang berkuasa karena menyebabkan "keruntuhan" sistem pendidikan di Turki. Mereka pun meminta sebuah seminar ilmiah yang luas mengenai masalah ini.

Bulent Tezcan, juru bicara CHP, menuduh pemerintah memberlakukan kurikulum terbelakang di sekolah-sekolah.

Di sisi lain, pendukung Erdogan menyerukan perubahan, mengatakan bahwa AKP mendirikan Turki baru.

"Saya ingin anak-anak saya belajar agama mereka di sekolah-sekolah. Kami tinggal di sebuah negara Muslim, wajar jika buku sekolah berisi materi Islam yang benar," kata Bulent Kara, seorang ayah yang datang mengunjungi sekolah baru anak-anaknya di Ankara.

"Jika anak-anak diajarkan Islam yang benar di sekolah, kita tidak perlu khawatir dengan pikiran sesat yang menciptakan hal seperti ISIS," kata Bulent Kara lagi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5800 seconds (0.1#10.140)