Kapal Perang AS Tabrakan, Indonesia Ikut Menolong

Senin, 21 Agustus 2017 - 15:36 WIB
Kapal Perang AS Tabrakan, Indonesia Ikut Menolong
Kapal Perang AS Tabrakan, Indonesia Ikut Menolong
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menyatakan, Indonesia siap membantu proses evakuasi dan pencarian korban tabrakan kapal perang Amerika Serikat (AS) dan kapal niaga di timur Selat Malaka. Lima pelaut AS terluka dan 10 pelaut lainnya hilang dalam insiden pagi tadi (21/8/2017).

Menurut Kemlu, proses pertolongan akan dikoordinasikan dengan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI).

”Apabila kita dibutuhkan, kita akan membantu. Tapi, hal ini peru dikoordinaiskan terlebih dahulu dengan TNI, karena mereka yang berweanang,” kata juru bicara Kemlu RI Arrmanatha Christiawan Nasir.

Baca Juga: Kapal Perang AS Tabrakan di Dekat Indonesia, 5 Luka, 10 Hilang

Seperti diberitakan sebelumnya, kapal perang AS USS John S McCain tabrakan dengan kapal niaga AN Alnic MC yang diduga milik Singapura. Lokasi tabrakan di sebelah timur Selat Malaka, dekat wilayah Indonesia dan Singapura.

Tabrakan terjadi ketika kapal perang jenis perusak itu sedang menuju Singapura untuk transit.

Baca Juga: Kapal Perang AS Tabrakan di Dekat Indonesia, Trump: Itu Terlalu Buruk

”Laporan awal mengindikasikan (kapal) John S McCain mengalami kerusakan pada sisi portanya,” kata pihak Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan. Transit ke Singapura merupakan kunjungan rutin kapal perang Pentagon.

USS John McCain adalah kapal destroyer Arleigh-Burke-class yang jadi bagian dari Armada ke-7 Angkatan Laut AS. Pelabuhan rumahnya adalah Yokosuka, Jepang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5044 seconds (0.1#10.140)