Selesaikan Krisis Qatar, Erdogan Lakukan Tur Negara Teluk

Minggu, 23 Juli 2017 - 16:06 WIB
Selesaikan Krisis Qatar,...
Selesaikan Krisis Qatar, Erdogan Lakukan Tur Negara Teluk
A A A
ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan dilaporkan telah memulai tur di negara Teluk untuk membantu menyelesaikan krisis Qatar. Erdogan dijadwalkan mengunjungi Qatar, Arab Saudi, dan Kuwait.
Melansir Al Arabiya pada Minggu (23/7), kantor Erdogan mengumumkan tur dua harinya akan dimulai dengan kunjungan ke Kuwait untuk membahas upaya mediasi terbaru yang telah dilakukan sejak awal krisis di Qatar.
Dia kemudian akan mengunjungi Arab Saudi dan kemudian Doha untuk membahas kemungkinan mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan krisis antara negara-negara Qatar dan kuartet negara Teluk, yakni Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain.
Turki sendiri sejatinya adalah pendukung kuat dari Qatar. Turki telah beberapa kali mendesak Saudi cs untuk mencabut 13 tuntutan yang telah dibuat terhadap Qatar, dan mengatakan apa yang dilakukan oleh Saudi dan kompatriotnya sebuah pelanggaran atas kedaulatannya.
"Presiden akan mendengarkan kelompok tersebut namun Kerajaan Arab Saudi harus membatalkan rencananya yang mencakup 13 tuntutan dan harus mempertimbangkannya kembali. Sedangkan Qatar, harus mengambil sikap positif yang akan membuka jalan menuju tahap negosiasi dan Turki bisa menjadi mediator," kata Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus beberapa waktu lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)