Serang Raqqa, AS Kerahkan Helikopter Apache dan Marinir

Rabu, 07 Juni 2017 - 14:23 WIB
Serang Raqqa, AS Kerahkan Helikopter Apache dan Marinir
Serang Raqqa, AS Kerahkan Helikopter Apache dan Marinir
A A A
WASHINGTON - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan, mereka akan mengerahkan helikoper tempur Apache dan juga pasukan Marinir dalam operasi membebaskan Raqqa. Operasi tersebut sudah dimulai pada awal pekan ini.
"Kami di sana memberikan bantuan dengan mengerahkan marinir M777 Howitzer, yang memberikan kemampuan yang memungkinkan bagi Pasukan Operasi Khusus dan mitra kami di lapangan. Kami juga menggunakan Apache AH-64," kata juru bicara Kemhan AS, Kapten Jeff Davis.
"Marinir memberikan dukungan artileri, melengkapi dukungan udara, dan mereka menyediakan jalur seluler yang disebut dengan kemampuan dukungan pemadam kebakaran," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (7/6).
AS, akan bergabung dengan koalisi internasional dan juga pasukan pembebasan Suriah atau SDF dalam upaya merebut kembali Raqqa. Selain itu, pasukan AS juga akan mendapat dukungan dari Kurdi Suriah.
Terkait dengan Kurdi Suriah, Turki, yang merupakan anggota koalisi pimpinan AS, sampai saat ini tidak menyetujui keterlibatan Kurdi Suriah dalam operasi merebut Raqqa. Alasannya, Ankara menilai Kurdi Suriah sama dengan ISIS, yakni kelompok teror yang harus dibasmi, dan bukan diajak bekerjasama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6114 seconds (0.1#10.140)