Jet China Cegat Pesawat Pengintai AS di LCS

Minggu, 28 Mei 2017 - 16:05 WIB
Jet China Cegat Pesawat Pengintai AS di LCS
Jet China Cegat Pesawat Pengintai AS di LCS
A A A
WASHINGTON - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon menuturkan, dua jet tempur China telah mencegat pesawat pengintai milik Angkatan Laut AS di atas Laut China Selatan. Insiden itu diketehui terjadi pada Rabu lalu.
Pentagon menyatakan, apa yang dilakukan kedua jet tempur China tersebut adalah tindakan yang tidak aman dan tidak profesional. Pentagon mengaku sudah menyampaikan keprihatinan mereka kepada pihak China.
"Kami terus meninjau fakta-fakta kejadian ini dan akan menyampaikan keprihatinan kami melalui saluran yang sesuai dengan pemerintah China," kata juru bicara Angkatan Laut Pentagon, Gary Ross, seperti dilansir Reuters pada Minggu (28/5).
Sementara itu, Kementerian Pertahanan China mengatakan, klaim adanya jet tempur China mencegat pesawat AS sangat tidak akurat. "Pilot kami mengoperasikan jet tempur dengan cara yang aman dan profesional," kata kementerian itu.
Kementerian itu menambahkan, militer AS harus mengambil langkah-langkah untuk menghindari kegiatan berisiko dan militer China telah diperintahkan untuk melindungi kedaulatan dan keamanan China.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4540 seconds (0.1#10.140)