Lebih dari 1.500 Pejuang Dievakuasi dari Distrik di Damaskus

Senin, 15 Mei 2017 - 00:36 WIB
Lebih dari 1.500 Pejuang...
Lebih dari 1.500 Pejuang Dievakuasi dari Distrik di Damaskus
A A A
AMMAN - Lebih dari 1.500 pejuang dan anggota keluarganya meninggalkan distrik Qaboun yang hancur di pinggiran ibukota Suriah, Damaskus. Distrik tersebut hancur setelah lebih dari dua bulan jadi sasaran serangan udara dan tembakan artileri.

Pejuang telah sepakat semalam untuk melakukan kesepakatan evakuasi rahasia setelah tersudut di sebuah kantong kecil Qaboun, yang terletak di tepi timur laut Damaskus. Daerah ini sebagian besar telah menjadi puing-puing setelah diserang oleh ratusan serangan udara dan rudal selama sekitar 80 hari seperti disitat dari Reuters, Senin (15/5/2017).

Tentara Suriah telah melanjutkan pemboman intensif distrik tersebut pada hari Rabu lalu setelah ultimatumnay tidak digubris pejuang. Pasukan pemerintah meminta pasukan pejuang untuk menyerah dan mengungsi ke daerah-daerah yang dikuasai kelompok pejuang di Suriah utara.

"Rezim telah mengancam akan menghancurkan apa yang tersisa dari Qaboun dan tidak akan menerima apapun kecuali solusi militer," kata Abdullah al Qabouni dari dewan distrik setempat mengatakan kepada Reuters.

Ratusan pejuang dan keluarganya juga telah dievakuasi minggu ini dari distrik Barzeh yang berdekatan. Evakuasi dilakukan setelah kelompok pejuang di sana memutuskan untuk meletakkan senjata dan pergi ke provinsi Idlib.

Media pemerintah Suriah mengatakan evakuasi hampir selesai dan distrik tersebut sekarang aman di tangan militer.

Sebagian besar penduduk di daerah yang sebelumnya ramai sekali telah melarikan diri dalam dua bulan terakhir saat pemboman tersebut meningkat. Sebelumnya, mereka memberikan perlindungan kepada ribuan pengungsi dari wilayah lain di Suriah dalam masa konflik sipil berlangsung.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)