Sejarah Panjang CIA Habisi Para Pemimpin Negara di Seluruh Dunia

loading...
Sejarah Panjang CIA Habisi Para Pemimpin Negara di Seluruh Dunia
Sejarah Panjang CIA Habisi Para Pemimpin Negara di Seluruh Dunia
JAKARTA - Korea Utara (Korut) menuding badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, berusaha untuk membunuh pemimpin negara itu Kim Jong-un. Sebelum tuduhan itu menyeruak, CIA memang memiliki sejarah panjang untuk membantu membunuh para pemimpin di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (6/5/2017), beberapa operasi CIA yang paling terkenal untuk membunuh pemimpin dunia adalah yang menargetkan mendiang presiden Kuba, Fidel Castro. Upaya berkisar dari penembak jitu hingga plot imajinatif yang layak difilmkan oleh fantasi film mata-mata, seperti cerutu meledak yang terkenal dan setelan pakaian selam beracun.

Namun, walaupun usaha CIA terbukti sia-sia dalam kasus Castro, badan intelijen AS itu sejak 1945 berhasil menggulingkan atau membunuh serangkaian pemimpin di tempat lain di seluruh dunia. Aksi itu dilakukan secara langsung atau, lebih sering, dengan menggunakan militer lokal yang simpatik, penjahat lokal yang disewa atau pembangkang.

Menurut kementerian keamanan Korut, CIA belum meninggalkan cara-cara lama. Dalam sebuah pernyataan, Korut menuduh CIA dan dinas intelijen Korea Selatan (Korsel) berada di balik dugaan upaya pembunuhan yang baru-baru ini terjadi terhadap pemimpinnya Kim Jong-un.





Upaya tersebut, menurut kementerian, melibatkan penggunaan zat biokimia termasuk zat radioaktif dan zat beracun nano. Keuntungan dari cara ini adalah tidak memerlukan akses ke target dan hasilnya akan muncul setelah enam atau 12 tahun.

Baca juga:

Korut: CIA Hendak Habisi Kim Jong-un dengan Racun Kimia

Sosok yang bertanggung jawab langsung atas operasi pembunuhan itu diduga adalah warga Korut yang bekerja untuk badan intelijen asing.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top